Jayawijaya Masuk dalam Lokus Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim

WAMENA — Jayawijaya merupakan satu dari lima kabupaten di Provinsi Papua yang masuk dalam lokus program penanggulangan kemiskinan ekstrim di Tanah Air.

Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono di Wamena, Jumat mengatakan penanggulangan kemiskinan ekstrim merupakan program nasional untuk sejumlah provinsi di Indonesia.

“Program itukan secara Nasional. Hanya kebetulan Jayawijaya itu menjadi salah satu lokus di Papua untuk menjadi penanganan itu,” katanya.

Jayawijaya menjadi lokus bukan karena hanya Kabupaten Jayawijaya yang memerluhkan penanggulangan kemiskinan ekstrim.

“Jadi untuk tahun ini kebetulan Jayawijaya, nanti tahun besok kemungkinan di kabupaten lain dan seterusnya. Ini kebijakan pemerintah pusat,” katanya.

Beberapa kabupaten di wilayah pegunungan tengah Provinsi Papua yang dikabarkan masuk lokus program penanggulangan kemiskinan ektrim adalah Jayawijaya, Lanny Jaya, Mamberamo Tengah dan Puncak Jaya.

Penentuan daerah kemiskinan ekstrim merupakan hasil dari survei dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Pemerintah pusat berkomitmen melakukan percepatan penganggulangan kemiskinan ekstrim melalui penambahan alokasi anggaran demi memastikan percapaian sasaran prioritas pemerintah dalam menghilangkan kemiskinan ekstrim pada  tahun 2024. [Ant]

Lihat juga...