Kadin Kota Bekasi Diminta Tingkatkan Investasi Daerah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jawa Barat, Cucu Sutara, meminta Kadin Kota Bekasi bisa meningkatkan investasi yang berkaitan dengan ekspor dan pengembangan UMKM di wilayah setempat.

“Pengurus KADIN tidak hanya bicara APBD atau proyek konstruksi pengadaan kecil. Tapi juga harus mampu menggaet investasi, ekspor dan membantu UMKM di Kota Bekasi naik kelas,” ungkap Cucu Sutara, Selasa (19/10/2021).

Dikatakan, kepengurusan Kadin Kota Bekasi, sudah secara resmi terbentuk dan dilantik sehingga tidak ada alasan untuk tidak memajukan daerah dengan menjalin kebersamaan bersama pemerintah.

“Saya berharap Kadin lebih semangat memajukan Kota Bekasi, segera menyusun program rencana kerja ke depan, bagaimana bisa bekerjasama dengan Pemkot dan DPRD Kota Bekasi,” kata Cucu Sutara.

Ia pun menitipkan Kadin Kota Bekasi, kepada anggota dewan agar mampu memberi warna bagi kemajuan perekonomian. Sehingga mampu memposisikan Kadin sebagai garda terdepan dalam kemajuan perekonomian di Kota Bekasi.

“Pemkot Bekasi sendiri melalui Wali Kota telah membuka diri untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk kemajuan Kadin dan Kota Bekasi. Ketua harus memanfaatkan momen ini dengan bersinergi, agar Kadin menjadi salah satu penggerak ekonomi dan industri daerah,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan, Kadin bersinergi dan berkomunikasi dengan pemerintah daerah. Jangan berdiam diri pengurus Kadin harus bergerak menggandeng pengusaha agar berinvestasi di Kota Bekasi.

“Setelah pelantikan jangan berdiam diri, kita bergerak gandeng para pengusaha swasta maupun negeri, Insyaallah Kota Bekasi akan maju,” katanya.

Menurutnya, dua tahun ini potensi PAD dan ekonomi di Kota Bekasi jalan di tempat karena Covid-19. Kondisi ekonomi lumpuh, kesehatan lumpuh. Namun, dia mengaku bersyukur karena capaian pelaksanaan vaksinasi di Kota Bekasi sudah di atas 70 persen.

Menurut dia, Pemkot Bekasi butuh sinergitas dari para pelaku usaha untuk meningkatkan pemasukan, baik dari pajak maupun retribusi lainnya.

Untuk membangkitkan kembali perekonomian di Kota Bekasi, kata Rahmat Effendi, Pemkot Bekasi saat ini memberikan kemudahan-kemudahan perizinan kepada para pelaku usaha. Menurut dia, dengan memberikan kemudahan perizinan berusaha, PAD akan terus meningkat.

“Sekarang semua harus buka keran investasi agar laju pertumbuhan ekonomi di Kota Bekasi kembali normal. Kita satu padukan gimana kita menerobos dan membangun ekonomi yang mantap di Kota Bekasi,” ujar Rahmat Effendi.

Lihat juga...