Kasus Penyakit Rabies Hewan Peliharaan di Situbondo Minim

Editor: Makmun Hidayat

SITUBONDO — Kasus penyakit rabies di Situbondo,  Jawa Timur, cukup minim terjadi. Sebab, pemilik hewan rutin melakukan perawatan terhadap hewan peliharaannya.

Kabid Keswan dan Mavet DPKH Situbondo, Ir. Sulistiyani, M.Si., mengatakan, minimnya kasus penyakit rabies akibat gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) di Situbondo, karena pemilik hewan sering kali rutin melakukan perawatan terhadap hewan peliharaannya.

“Tentu penting untuk terus menjaga hewan peliharaan tetap terpelihara dengan baik, salah satunya kebersihan hewan itu sendiri menjadi faktor penting untuk selalu tetap dijaga,” ujarnya kepada Cendana News, di wilayah Desa Karangasem, Kecamatan Patokan, Situbondo, Jumat (1/10/2021).

Sulis mengatakan, perlu menjadi perhatian khusus untuk seluruh masyarakat, bagaimana bahayanya penyakit rabies, apabila orang tersebut tidak segera ditangani dengan cepat. Fatalnya, rabies bisa mengakibatkan kematian.

Ir. Sulistiyani, M.Si.,(kanan), saat ditemui di wilayah Desa Karangasem, Kecamatan Patokan, Situbondo, Jumat (1/10/2021). -Foto: Iwan Feri Yanto

“Salah satu orang yang terjangkit penyakit rabies bisa berakibat pada aspek kesehatannya. Bisa menjadi gila, atau lebih parahnya lagi dapat menyebabkn kematian,” ucapnya.

Lebih lanjut Sulis mengatakan, untuk mencegah terjadinya kasus rabies di Situbondo, pihaknya melakukan upaya vaksinasi terhadap hewan peliharaan di Kantor DPKH Situbondo.

“Pelaksanaan vaksinasi massal guna mencegah terjadinya penyakit rabies oleh hewan peliharaan, maka kami melakukan vaksinasi yang tersebar di empat titik lokasi, di antaranya Kecamatan Banyuputih, Kecamatan Kendit, Kecamatan Situbondo, dan di Kantor DPKH Situbondo,” ungkapnya.

Sulis menambahkan, dalam upaya pelaksanaan vaksinasi, DPKH Situbondo melibatkan 40 tenaga vaksinator, dengan dosis vaksin sebanyak 270 dosis.

“Beberapa hewan peliharaan yang telah dilakukan vaksinasi, di antaranya hewan peliharaan kucing, anjing, musang dan kera,” ucapnya.

Secara terpisah, Rahmat Haryadi, warga Kelurahan Patokan, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi pada hewan peliharaan perlu dilakukan. Hal ini untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan dan keamanan untuk keluarga di rumah.

“Biasanya saya rutin melakukan perawatan hewan peliharaan. Seperti rutin memandikannya, maupun pola makan yang diberikan baik untuk hewan peliharaan saya,” ucapnya.

Lihat juga...