Kebun Strawberry Ciwidey, Destinasi Agrowisata yang Seru

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Berlibur tidak harus selalu ke pantai atau ke gunung, Anda bisa juga mencoba liburan ke berbagai destinasi agrosiwisata, salah satunya Kebun Strawberry Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Di tempat ini, Anda akan menikmati indahnya pemandangan di kebun buah strawberry yang berwarna merah dan segar, suasana alam yang sejuk, sekaligus juga bisa belajar bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar.

“Jadi liburan di sini bukan cuma main, tapi juga bisa sambil belajar. Bagaimana cara menyiram tanaman strawberry, cara memberikan pupuknya, dan cara memetiknya,” ujar Dani Nur Fajar, salah seorang pengunjung asal Kota Bandung, Minggu 24/10/2021).

Dani mengatakan, setiap pengunjung nantinya akan didampingi oleh satu petugas yang akan memberikan penjelasan terkait seluruh aktivitas di kebun strawberry.

“Tapi kalau kita merasa sudah cukup puas dengan penjelasan petugas itu, maka kita sudah tidak perlu pendampingan lagi, kita bebas keliling lokasi wisata,” tandas Dani.

Lebih lanjut, Dani mengatakan, pengunjung tidak dipungut biasa masuk ke lokasi perkebunan, namun untuk bisa memetik, maka akan dikenakan biaya sesuai banyaknya buah yang dipetik.

“Satu kilogram buah nya itu Rp60.000. Di sini strawberrynya besar-besar, jadi satu kilogram itu paling banyak 30 buah. Buahnya segar, tapi namanya strawberry rasanya itu agak asem,” papar Dani.

Sementara itu, Mayang Safitri, istri Dani mengaku sangat senang bisa berlibur ke Kebun Strawberry Ciwidey. Menurutnya, setelah berkunjung, ia termotivasi untuk menaman strawberry di rumah.

“Memang dari penjelasan si pendamping, strawberry ini sangat bisa ditanam di rumah. Cukup pakai polybag saja. Dan kita boleh konsultasi via WhatsApp. Jadi keren banget,” ujar Mayang.

Di samping itu, pihak Kebun Strawberry Ciwidey juga menyediakan bibit unggul yang bisa dibeli oleh para pengunjung untuk ditanam di rumah masing-masing.

“Pokoknya tidak menyesal liburan ke sini, pikiran tenang dan dapat ilmu yang bisa langsung kita praktikkan lagi. Saya sangat merekomendasikan buat teman-teman berlibur ke sini,” pungkas Mayang.

Lihat juga...