Kelezatan Ketupat Sayur Padang, Gurih Gulai Nangka Dipadu Pedas Bumbu Rempah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Ketupat sayur, hidangan berkuah santan tersebut, paling enak disajikan bersama potongan ketupat, dengan isian aneka sayuran seperti kacang panjang, potongan daging (tetelan-red), tempe dan lainnya.

Ada beragam versi masakan ketupat sayur. Bumbu olahan dan isiannya pun berbeda. Salah satunya, ketupat sayur Padang. Layaknya masakan khas lainnya, ketupat sayur ini menggunakan bumbu kaya rempah dari Sumatera Barat.

Lontong sayur Padang memiliki kuah yang lebih pekat, dengan isian potongan ketupat, gulai nangka, buncis, dan kerupuk berwarna merah jambu, yang membuat rasanya lebih kaya. Selain itu, pembeli juga bisa memilih lauk tambahan berupa telur atau ayam gulai.

“Ciri khas dari ketupat sayur Padang berupa penggunaan gulai nangka, atau terkadang memakai gulai pakis. Dengan tambahan telur atau ayam gulai, rasanya enak. Gurih pedas sekaligus mengenyangkan,” papar Saidah, pedagang masakan Padang di kawasan Tembalang Semarang, saat ditemui, Sabtu (2/10/2021).

Dipaparkan, kunci kelezatan ketupat sayur juga terletak pada olahan gula nangka, yang menggunakan potongan daging sandung lamur, sehingga aroma rempah pada kuah lebih terasa dan pekat.

Menurutnya, untuk membuat gulai nangka juga relatif mudah. Haluskan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, dan jahe. Lalu, tumis hingga harum bersama bumbu kari, serai, daun kunyit, dan daun jeruk.

Selanjutnya, masukkan bumbu yang sudah ditumis hingga harum tersebut, ke dalam rebusan daging sandung lamur. Tambahkan potongan nangka, masak sampai nangka lunak. Terakhir, masukkan santan, bumbu dengan garam dan asam. Tambahkan potongan buncis. Masak hingga mendidih kembali. Jika rasa sudah pas sesuai selera, sajian pun siap dihidangkan.

“Penyajiannya juga mudah, potong ketupat, tambahkan gulai nangka, beri telur rebus, serta sambal dan kerupuk. Ketupat sayur Padang pun siap dimakan,” terangnya.

Sementara, salah seorang pembeli, Bambang, mengaku layaknya masakan Padang lainnya, ketupat sayur Padang memiliki bumbu rempah yang kuat.

“Meski kuahnya terasa lebih pekat, namun saat dirasa atau dimakan, terasa pas di lidah. Perpaduan antara gulai nangka, telur dan kerupuk, juga pas. Jadi secara keseluruhan, seperti masakan Padang lainnya, ini sangat enak,” terangnya.

Saidah, pedagang masakan Padang di kawasan Tembalang Semarang, saat ditemui, Sabtu (2/10/2021). Foto Arixc Ardana

Berbeda dengan lontong opor, yang menjadi salah satu masakan khas Kota Semarang, meski sama-sama menggunakan bumbu santan, namun kuah opor terasa lebih ringan.

“Semarang juga ada lontong opor, bahannya juga hampir sama. Menggunakan lontong, opor ayam serta tambahan sayur terong. Meski rasanya sama-sama enak, namun kedua masakan ini memiliki perbedaan cita rasa,” tambahnya.

Di satu sisi, untuk menikmati seporsi ketupat sayur Padang, Bambang mengaku tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, karena cukup dengan membayar Rp 11 ribu.

“Harganya ramah di kantong, enak dan mengenyangkan. Jadi ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk sarapan atau makan siang,” pungkasnya.

Lihat juga...