Ketum: Karang Taruna Harus Jadi Rumah Kebhinekaan di Kota Bekasi

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Ketua Umum Karang Taruna (Katar), Didik Mukrianto, meminta seluruh pengurus Katar Kota Bekasi mampu menghadirkan sebuah karya dan pengabdian sosial untuk masyarakat setempat. Lebih banyak lagi berkiprah menuntaskan permasalahan sosial dalam format kekinian.

“Karang Taruna Kota Bekasi harus mampu menghadirkan karya dan pengabdian sosial untuk masyarakat dengan format kekinian di tengah kondisi ekonomi sedang tertekan, seperti sekarang” ungkap Didik, kepada Cendana News usai pengukuhan dan pelantikan ketua Katar Kota Bekasi, masa bakti 2021-2026 di Stadion Chandrabaga, Minggu (31/10/2021).

Pelantikan ketua dan pengurus Karang Taruna Kota Bekasi jadi momentum bersejarah, imbuh Didik, karena kegiatannya masih dalam nuansa peringatan hari Sumpah Pemuda ditambah dengan dukungan penuh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang hadir bersama jajaran penting di pemerintahan.

Untuk itu ia meminta Karang Taruna Kota Bekasi, mampu  membela kepentingan masyarakat besar dari kesewenangan, baik dari kelompok tertentu, sehingga menjadi agen perubahan yang baik, sebagai leader sosial menjadi kekuatan moral berkepribadian baik, tawadhu, beriman sehingga mampu menjadi contoh di lingkungan sebagai kontrol sosial di tengah masyarakat.

“Lahirnya wisarausaha berwatak sosial dari Katar Kota Bekasi ini sangat penting. Sehingga mampu mengaktualisasikan karya pengabdian sosial yang dimulai dari kader mampu hidup mandiri secara ekonomi, lalu  membantu sekelilingnya,” ucap anggota DPR RI dari Dapil Jatim ini.

Ia berharap ke depan Katar Kota Bekasi, mampu melahirkan kepemimpinan entrepreneur yang sosial, baik di lingkungan informal atau formal di wilayahnya. Sehingga  mampu menjadi sebuah subjek dari suatu kebijakan sosial bukan hanya jadi objek.

Prosesi pengukuhan dan pelantikan ketua dan pengurus Karang Taruna Kota Bekasi, masa bakti 2021-2026 oleh Wali Kota Bekasi, didampingi Ketua Umum Karang Taruna, di GOR Patriot Chandrabaga, Minggu (31/10/2021). -Foto: M. Amin

Oleh karena itu, imbuhnya,  Katar Kota Bekasi harus mampu  melahirkan jiwa entrepreneur dan sosial leader agar pondasi Katar untuk berkiprah dan mengabdi kepada masyarakat ini bisa utuh. Terpenting, lanjutnya adalah karena Katar ini bagian dari kegiatan sosial kepemudaan, maka harus dipastikan Katar terus independen terbuka tidak melibatkan diri dalam politik praktis.

“Ke depan Katar harus menjadi rumah kebhinekaan pemuda di Kota Bekasi dari berbagai sumber. Katar Kota Bekasi tak boleh mengekslusifkan diri tapi harus inklusif melibatkan seluruh stakeholder. Sehingga melalui sosial mampu menjadi motor penggerak kebangkitan ekonomi di Kota Bekasi dengan membangun sebuah kelompok usaha bersama ekonomi produktif,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kota Bekasi Darkam Suryadi, mengatakan pelantikan dan pengukuhan yang telah dilaksanakan untuk membantu mewujudkan visi misi Kota Bekasi melalui sinergitas.

“Setelah pengukuhan dan pelantikan ini, kami akan langsung melakukan pembekalan bagi kader dan pengurus dengan skill dengan tim khusus. Katar harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman sebagai bentuk integritas kepada organisasi,” ucap Darkam.

Dikatakan inovasi dan berkreasi dalam menggali potensi, skill pengurus dan kader terus dikembangkan terutama agar lebih  responsif setiap masalah sosial di tengah masyarakat. Untuk Katar telah memiliki tim khusus sosial untuk membantu penanganan warga di rumah sakit dan lainnya.

Sementara Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dalam pidatonya usai pelantikan dan pengukuhan meminta kader dan pengurus Katar  mampu menjadi leader preneur. Yaitu seorang pemimpin mempunyai jiwa wirausaha.

“Ketika kita ber-karang taruna maka pahami bahwa  sosial dapat, entrepreneur juga harus didapat. Tentunya yang harus tak boleh tertinggal adalah jiwa usaha berjiwa sosial,” ucapnya.

Lihat juga...