Komunitas RVV, Wadah Seniman dan Musisi Jalanan di Yogya

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sejumlah seniman dan musisi jalanan dari berbagai daerah di Yogyakarta membentuk sebuah wadah berupa komunitas yang bernama RVV, guna menguatkan moral serta semangat satu sama lain, sejak awal pandemi Covid-19 lalu. 

Lewat komunitas inilah mereka dapat saling support dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang benar-benar memberikan dampak luar biasa bagi kondisi perekonomian dan kehidupan mereka sehari-hari.

Perintis RVV, Yohanes (45) mengaku menggandeng para seniman dan musisi jalanan setelah melihat kondisi mereka yang terpuruk selama pandemi. Sepinya lokasi-lokasi wisata serta pusat keramaian kota Yogyakarta selama pandemi, membuat para seniman dan musisi jalanan ini tak bisa mendapatkan pemasukan sama sekali.

“Ada ratusan seniman dan musisi jalanan yang tergabung dalam komunitas RVV ini. Mulai dari pengamen Malioboro, seniman angklung di perempatan-perempatan lampu merah, hingga pelaku orgen tunggal di acara-acara kondangan dan lain sebagainya,” katanya Kamis (28/10/2021) lalu.

Lewat komunitas RVV, selama pandemi hampir 2 tahun lebih, para seniman ini didorong untuk tetap bisa bertahan, sembari menunggu pulihnya kondisi pariwisata di Yogyakarta. Selain diarahkan memulai usaha lain, seperti berdagang makanan, mereka juga diajak untuk melakukan kegiatan positif lainnya.

Tak hanya itu, dengan memiliki wadah bersamaan berupa komunitas, mereka pun akhirnya bisa mendapatkan perhatian dari pihak-pihak terkait salah satunya adalah Jajaran Ditintelkam Polda DIY.

“Tentu kami sangat berterima kasih kepada Polri yang telah memerhatikan kami. Bantuan ini akan sangat bermanfaat untuk kami,” ucapnya.

Jajaran Ditintelkam Polda DIY, dipimpin Panit A Subdit 4 Ditintelkan Polda DIY Ipda Sumawan Isnuworo, sendiri memberikan bantuan berupa sembako serta uang santunan pada warga DIY terdampak langsung pandemi Covid-19, termasuk para seniman dan musisi jalanan.

Diharapkan adanya bantuan ini dapat ini dapat meringankan beban ekonomi mereka sehari-hari.  “Semoga bantuan yang kita berikan ini, bisa sedikit meringankan beban teman-teman. Saya juga berharap agar teman-teman seniman musik ini dapat ikut bersama-sama menjaga kamtibmas di DIY,” ungkapnya.

Lihat juga...