Koperasi di DCML Samiran Terapkan Aplikasi Berbasis Digital

Editor: Makmun Hidayat

Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran ,Bayu Pramana, Selasa (10/8/2021). -Foto Jatmika H. Kusmargana/HO

BOYOLALI — Koperasi Damandiri Sejahtera Samiran yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, diketahui mulai menerapkan teknologi digital dalam menjalankan dan mengelola unit-unit usaha mereka.

Teknologi berupa aplikasi sistem laporan keuangan berbasis digital/online ini dinilai mampu memberikan banyak manfaat khususnya dalam memperbaiki sistem pelaporan keuangan koperasi.

Adanya sistem baru pelaporan keuangan ini juga dinilai mampu mempermudah kerja seluruh pengelola koperasi, yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas layanan bagi seluruh nasabah maupun anggota.

“Penerapan aplikasi baru di Koperasi Samiran sudah mulai berjalan. Dan aplikasi tersebut sangat membantu sekali terkait dengan pembukuan dan laporan di koperasi kami,” ujar Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, Sabtu (30/10/2021).

Bayu mengatakan salah satu dampak yang paling terasa dengan adanya sistem baru ini adalah perubahan pola pelaporan keuangan di setiap unit usaha koperasi yang menjadi lebih efektif dan efisien.

“Yang awalnya (laporan keuangan) semua dilakukan secara manual, sekarang menjadi lebih mudah dan lebih tertata. Baik itu yang dari unit usaha simpan pinjam Modal Kita, unit usaha Waroeng Damandiri maupun unit usaha Taman Merapi Garden,” ungkapnya.

Bayu sendiri berharap agar sistem aplikasi pelaporan keuangan berbasis digital ini bisa terus berjalan dan dimanfaatkan pengelola koperasi Damandiri Sejahtera Samiran tanpa ada kendala apapun. Seperti misalnya masa berlaku penggunaan aplikasi yang habis seperti halnya aplikasi sebelumnya.

“Target kita dengan aplikasi baru ini segala laporan administrasi keuangan bisa tertata dengan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui Yayasan Damandiri menetapkan Desa Samiran sebagai desa binaan sejak tahun 2017 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri aktif melakukan berbagai upaya pemberdayaan di berbagai bidang.

Salah satunya adalah pemberdayaan di bidang ekonomi. Yang dilakukan dengan membentuk koperasi Damandiri Sejahtera Samiran, beserta unit unit usaha antara lain unit simpan pinjam Modal Kita, unit usaha Warung Kita Damandiri, hingga unit usaha Taman Bunga Merapi Garden.

Melalui koperasi serta unit unit usaha inilah Yayasan Damandiri, berupaya membantu menggerakkan ekonomi desa dengan memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di desa yang terletak di kawasan lereng gunung Merapi dan Merbabu ini.

Lihat juga...