Koperasi SHS Mandiri Konsisten Bantu UMKM di DCML Krambilsawit

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Meski tengah dalam kondisi terpukul akibat pandemi Covid-19, Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit sebagai koperasi binaan Yayasan Damandiri, hingga saat ini tetap konsisten membantu para pelaku UMKM di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul. 

Hal tersebut dilakukan dengan memberikan akses modal usaha kepada seluruh anggota koperasi khususnya pelaku usaha kecil dan mikro, agar usaha mereka tetap bisa bertahan dan bisa bangkit di tengah pandemi.

Analisis Kredit Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Dinda Supambodo, mengatakan pemberian akses modal usaha bagi pelaku UMKM di Desa Cerdas Mandiri Lestari DCML Krambilsawit sejauh ini telah menyasar 1200an warga desa. Yakni dengan besaran dana pinjaman mencapai Rp2,5 miliar.

“Koperasi terus memberikan akses pinjaman modal usaha, agar usaha warga yang sebelumnya menurun akibat pandemi bisa jalan lagi. Sementara ini, hanya itulah yang bisa dilakukan koperasi karena kita sendiri juga terdampak adanya pandemi. Di mana selama pandemi ini, angsuran menurun drastis dengan tingkat kredit macet mencapai 20 persen. Sehingga kita juga kesulitan dalam mengelola perputaran keuangan koperasi,” katanya.

Sementara itu, pimpinan Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit, Antono Putra, mengatakan pihaknya terus berupaya untuk mengajak warga desa khususnya anggota koperasi agar bisa bangkit pascapandemi. Pasalnya mayoritas anggota koperasi merupakan para pelaku usaha yang mayoritas merupakan warga miskin yang berasal dari kelompok keluarga pra sejahtera.

“Kita sedang dan terus berupaya membangun keyakinan para anggota koperasi agar bisa bangkit pasca pandemi ini. Mengingat sasaran kita sejak awal sebelum pandemi, memang masyarakat miskin. Dan dengan adanya pandemi ini, maka levelnya cenderung stagnan. Bahkan ada yang terjun bebas,” ungkapnya.

Meski adanya pandemi berimplikasi pada progres atau perkembangan usaha warga yang cenderung stagnan, namun Antono yakin jika warga desa bisa bangkit kembali dalam waktu dekat ini. Pasalnya dengan bantuan akses modal usaha dari koperasi, sejumlah warga kini terbukti mulai kembali beraktivitas menjalankan usahanya kembali.

Yakni dengan membuka kembali berbagai usaha di luar wilayah desa. Mengingat selama ini sebagian besar warga Desa Krambilsawit merupakan masyarakat perantau yang biasa menjalankan usaha baik itu berjualan makanan ataupun produk lainnya di berbagai wilayah kota. Mulai dari DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat bahkan hingga DKI Jakarta.

Lihat juga...