Kota Magelang Adakan Pelatihan Budi Daya Ikan Hias

MAGELANG – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Jawa Tengah, memprakarsai pelatihan budi daya ikan hias (live setting aquascape) sebagai wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat, dalam berwirausaha perikanan.

Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, berharap pelatihan ini dapat menambah wawasan, serta meningkatkan motivasi dan keterampilan teknis para peserta dalam mengelola ikan hias atau aquascape di Kota Magelang.

Ia menyampaikan, budi daya ikan hias mampu dikembangkan dengan memanfaatkan lahan terbatas seperti pekarangan rumah atau bahkan dengan memanfaatkan sebagian ruangan di dalam rumah yang belum optimal peruntukannya.

Sebagai output pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi pelaku usaha ikan hias, bukan hanya sebagai peminat atau hobbies ikan hias.

“Kami juga berharap agar kegiatan ini mampu memberikan semangat baru bagi pelaku usaha perikanan, yang lokasinya tidak lagi bisa digunakan sebagai lahan budi daya ikan konsumsi, agar terus berkarya di perikanan melalui pengembangan usaha ikan hias ini,” katanya dalam pembukaan kegiatan di aula Disperpa Kota Magelang, Senin (25/10/2021).

Aziz berpesan kepada peserta pelatihan, agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya forum ini untuk menggali ilmu dan wawasan dari nara sumber, dan berbagi pengalaman serta memperluas jaringan relasi dengan sesama peserta.

Lihat juga...