KRI Sultan Iskandar Muda-367 Unjuk Kemampuan

JAKARTA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL, bersama sejumlah kapal perang negara lain unjuk kemampuan dalam sebuah latihan bersama seluruh kapal perang, yang tergabung dalam Satgas MTF UNIFIL di laut Mediterania, Lebanon, Rabu (20/10/2021).

Dalam latihan bersama diikuti oleh Kapal Perang Bangladesh, Kapal Perang Jerman, dan Kapal Perang Yunani, KRI SIM-367 yang dikomandani Letkol Laut (P) Abdul Haris, melaksanakan beberapa jenis latihan, di antaranya Seamanex (Sea Maneuvering Exercise), Photoex (Photo Exercise) dan Flashex (Flash Exercise).

Dalam keterangannya diterima Cendana News Jumat (22/10/2021), Dansatgas MTF UNIFIL Letkol Laut (P) Abdul Haris menjelaskan, bahwa dua jenis latihan, yakni Seamanex dan Photoex dilaksanakan pada siang hari, sedangkan Flashex dilaksanakan pada malam hari.

Ia menjelaskan, seamanex bertujuan untuk menguji kemampuan dan profesionalisme kapal-kapal dalam bermanuver dan menempati posisi dalam formasi yang berbeda dengan cepat dan tepat.

Selain itu, dilaksanakan pula Photoex atau latihan foto udara yang dilakukan Helikopter AS 565 MBE PANTHER, Alutsista milik KRI SIM-367. Latihan ini bertujuan melatih awak heli Panther dalam mengambil gambar, baik situasi perairan maupun kapal musuh untuk selanjutnya dikirim untuk identifikasi.

“Selain dua latihan itu, malam harinya kita laksanakan pula Flashex, yakni latihan mengirimkan berita sandi operasi menggunakan lampu isyarat. Latihan ini bertujuan untuk mengirimkan pesan rahasia tanpa dapat dibaca oleh musuh,” jelas Dansatgas.

Dalam latihan tersebut, MTF Commander UNIFIL, Rear Admiral Andreas Markus Mugge, turut serta menyaksikan jalannya latihan bersama.

Lihat juga...