Lapangan Futsal Wanareja Gunakan Rumput Interlock

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Meskipun masih sepi pengunjung atau penyewa, lapangan futsal Wanareja yang berada di bawah pengelolaan Warung Cerdas Wanareja, Kabupaten Cilacap, tetap melakukan renovasi demi meningkatkan kepuasan pelanggan.

Untuk mengganti rumput lapangan futsal dengan rumput interlock, biayanya mencapai Rp80 juta. Meskipun harga cukup mahal, namun ke depan biaya pemeliharaan rumput menjadi jauh lebih hemat.

“Memang mahal, sementara situasi lapangan futsal masih belum begitu ramai. Tetapi, ini merupakan investasi jangka panjang, karena pemeliharaannya lebih mudah dan murah. Jika ada kerusakan,  dengan cepat bisa langsung diganti. Untuk bermain futsal juga lebih nyaman, karena bagi kami yang terpenting adalah kepuasan pelanggan,” kata pengelola Warung Cerdas Wanareja, yang juga pengelola lapangan futsal Wanareja, Sudaryanto, Rabu (13/10/2021).

Diharapkan, setelah dilakukan pergantian rumput lapangan tersebut, tingkat kunjungan akan berangsur ramai. Saat ini dalam satu hari hanya kisaran 2-3 jam lapangan futsal disewa. Dengan rumput baru tersebut, diharapkan jam sewa bisa meningkat minimal 5 jam dalam satu hari.

Target tersebut sangat memungkinkan untuk dicapai, mengingat saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah mulai mengendor, dan jam operasional lapangan futsal pada malam hari sudah normal kembali.

“Selama PPKM kemarin, jam operasional lapangan futsal kita dibatasi maksimal hanya pukul 20.00 WIB, padahal biasanya lapangan futsal justru ramai pada malam hari, mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Sehingga pendapatan sangat menurun dan kita sempat sampai menutup lapangan futsal tersebut,” jelas Sudaryanto.

Lokasi gedung futsal berukuran 37 x 18 meter tersebut berada tepat di sebelah barat Warung Cerdas Wanareja, merupakan salah satu usaha yang dikelola bersamaan dengan pembukaan Warung Cerdas.

Untuk sewa lapangan pada siang hari dibandrol harga Rp90.000 per jam, dan untuk malam hari mulai pukul 17.00 WIB, tarif sewa Rp110.000 per jam.

Ega, salah satu karyawan di gedung futsal, mengatakan, selama PPKM sangat terasa menurunnya pendapatan dari sewa lapangan futsal. Namun, setelah jam operasional kembali normal, secara perlahan tingkat kunjungan meningkat.

“Apalagi setelah ada perbaikan atau pergantian rumput lapangan, akan makin menambah daya tarik pengunjung. Dan, sekarang main futsal malam hari hingga tengah malam juga sudah diperbolehkan, sehingga makin mudah untuk menarik pengunjung,” ucapnya.

Lihat juga...