Lezatnya Kepiting Bakau Teluk Betung Dimasak Saus Tiram Pedas

Editor: Maha Deva

Kepiting bakau yang sudah dibersihkan dan siap dimasak dengan bumbu saus tiram pedas - Foto Henk Widi

LAMPUNG  Salah satu hasil tangkapan nelayan di kawasan pesisir Pantai Bandar Lampung adalah kepiting bakau. Nelayan menangkap kepiting bakau dengan mempergunakan bubu kawat. Kepiting bakau tersebut, biasa diolah menjadi kepiting saus tiram pedas. 

Stevani, warga Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung menyebut, biasa memasak kepiting saus tiram memanfaatkan kepiting segar hasil tangkapan nelayan. Kepiting bakau biasa didapatkan di area hutan mangrove api-api di Kota Karang, Teluk Betung Barat.

Untuk memasak kepiting saus tiram pedas, Stevani memilih satu kilogram kepiting bakau, yang berisi delapan ekor. Untuk mulai memasaknya, bersihkan kepiting dengan cara merendam di air mengalir. Sikat bagian cangkang hingga bersih dari lumpur dan kotoran. Pisahkan bagian capit, kaki dan badan, agar pembersihan mudah dilakukan.

“Kepiting yang telah dibersihkan buka bagian tubuhnya, agar kotoran hilang. Lalu cuci dengan air mengalir, agar benar-benar bersih. Rendam lagi dengan perasan jeruk nipis, untuk menghilangkan rasa amis, serta beri taburan garam serta balurkan kunyit yang telah ditumbuk,” tutur Stevani, saat ditemui Cendana News, Sabtu (2/10/2021).

Setelah direndam, Stevani menyiapkan sejumlah bumbu meliputi, merica bubuk, garam, gula pasir, saus tiram, saus tomat, penyedap rasa. Berbagai bumbu yang diperlukan untuk menambah kelezatan masakan adalah, bawang putih, bawang merah. Sementara untuk bumbu halus, memarkan jahe, batang serai, lengkuas, daun salam.

Agar harum, semua bumbu ditumis dengan mentega, setelah bau harum tercium, tambahkan penyedap rasa jahe, batang serai, lengkuas yang telah dimemarkan. Setelah itu tambahkan air bersih agar semua bumbu matang, lalu tambahkan daun salam agar aroma lebih harum. Kepiting yang telah dibersihkan, terlebih dahulu direbus hingga matang. “Kepiting yang telah direbus matang akan berubah warna menjadi kuning keemasan, setelah itu masukkan ke dalam bumbu yang telah ditumis,” bebernya.

Tahap selanjutnya, kepiting yang sudah dimatangkan diungkep dengan penutup wajan. Tambahkan saus tomat, saus tiram, cabai rawit. Agar rasa semakin lezat tambahkan penyedap rasa, merica bubuk, gula pasir, garam dan gula hingga tercampur merata. Didihkan air yang berada di dalam wajan, lalu tambahkan dengan potongan jagung manis. Ungkep hingga jagung manis matang, kuah saus mengental lalu hidangkan.

Kepiting saus tiram pedas, menjadi salah satu menu favorit keluarga Stevani. Kepiting saus tiram pedas, akan semakin lezat dinikmati dengan nasi hangat dan kentang goreng. “Kepiting saus tiram pedas jadi menu yang lezat untuk menghangatkan badan, makannya pakai tangan karena akan lebih lezat,” ulasnya.

Diandra Saputra, salah satu kerabat dari Stevani, menyukai menu kepiting saus tiram pedas. Paling nikmat adalah mendapatkan daging dari bagian capit dan cangkang, setelah digeprek agar daging bisa dikeluarkan. “Daging kepiting terasa gurih dimakan dengan nasi hangat dengan saus tiram yang lezat,” tandasnya.

Lihat juga...