Mahasiswa Antusias Ikuti Program Beasiswa ‘Situbondo Cerdas’

Editor: Koko Triarko

SITUBONDO – Kesempatan menempuh jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, makin terbuka bagi siapapun, dengan adanya berbagai program beasiswa. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo, pun memberikan peluang beasiswa bagi mahasiswa dan calon mahasiswa, agar dapat terus menempuh pendidikannya di perguruan tinggi.

Salah satu mahasiswi Universitas Jember, pun memanfaatkan peluang beasiswa tersebut untuk menopang aktivitas pendidikannya, dengan turut serta mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa Situbondo Cerdas, melalui jenjang prestasi.

Tri Elok, warga Desa Paowan, Kecamatan Panarukan, Situbondo, mengaku dirinya merupakan mahasiswi aktif Fakultas Teknik Universitas Jember, yang turut serta mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa Situbondo Cerdas. Ini dilakukannya sebagai upaya untuk meringankan beban biaya perkuliahannya di kampus.

Tri Elok, saat ditemui usai mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa Situbondo Cerdas, Kamis (7/10/2021). –Foto: Iwan Feriyanto

“Saya sendiri merupakan mahasiswi semester tiga dari Fakultas Teknik Universitas Jember. Dengan adanya peluang beasiswa ini, menjadi kesempatan agar biaya perkuliahan dapat terbantu, sehingga perkuliahan lebih mudah dilaksanakan,” ujar Tri Elok, di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Situbondo, Kamis (7/10/2021).

Elok mengaku mendaftarkan diri melalui jalur prestasi. Menurutnya, salah satu peluang yang dapat menerima beasiswa tersebut dengan melalui jalur prestasi akademik. Baginya, syarat tersebut mempermudah dirinya untuk menjadi salah satu calon yang mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa.

“Dari semester satu sampai semester tiga ini, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saya masih di atas 3,5. Sehingga saya optimis mendaftarkan diri dan bisa lolos menjadi penerima beasiswa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Elok mengatakan pendaftaran beasiswa yang dilakukan turut membantu keluarganya. Di masa pandemi, pengeluaran biaya pendidikan jauh lebih ringan bila bisa mendapatkan beasiswa sebagai penunjang kegiatan perkuliahan di kampus.

“Untuk pengumuman kelulusan peserta sebagai penerima beasiswa masih belum tahu kapan waktunya. Namun, harapan saya,  agar bisa lolos dan bisa mendapat beasiswa. Paling tidak dengan mendapatkan beasiswa, biaya untuk kuliah jauh lebih ringan,” ungkapnya.

Elok menambahkan, aktivitas perkuliahan yang saat ini ditempuh, cukup mengeluarkan banyak biaya, meski pembelajaran yang dilakukan melalui online.

“Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) saya sendiri sekitar Rp5 juta per semester. Sedangkan, orang tua saya sendiri sudah pensiun dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Harapannya, saya lolos nantinya untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan orang tua,” jelasnya.

Terpisah, Muhammad ichlas Darmawan, mahasiswa warga Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, juga mengaku mendaftarkan diri sebagai calon peserta penerima beasiswa Situbondo Cerdas. Jalur yang ia pilih dengan prestasi nonakademik. Menurutnya, selama menempuh pendidikan perguruan tinggi, ia aktif mendapatkan  prestasi olahraga cabor bulu tangkis.

“Persyaratan sebagai peserta beasiswa banyak jalur yang bisa dipilih, seperti melalui jalir prestasi akademik, prestasi non akademik dan bisa melalui jalur dengan kriteria ekonomi tidak mampu,” ucapnya.

Ichlas menambahkan, kesempatan pendaftaran penerima beasiswa baginya menjadi peluang besar. Dengan mendaftarkan diri, harapannya bisa diterima dan lolos menjadi penerima beasiswa. Hal tersebut bertujuan membantu aktivitas pendidikannya di kampus.

Lihat juga...