Masyarakat Desa Patrolsari Manfaatkan Layanan Tes Kesehatan Gratis

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Sebanyak 135 warga Desa Patrolsari, Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengikuti program pemeriksaan kesehatan gratis yang disediakan oleh aparatur desa setempat yang bekerjasama dengan Puskesmas Arjasari.

Menurut Nining Winingsih, salah seorang petugas kesehatan yang bertugas, program tersebut mayoritas diikuti oleh orang tua berusia 40 tahun ke atas dan didominasi oleh perempuan.

Nining Winingsih (kiri), petugas kesehatan di desa Patrolsari saat ditemui pada acara pemeriksaan kesehatan gratis, di desa Patrolsari, Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/10/2021). Foto: Amar Faizal Haidar

“Sebetulnya kita berharap masyarakat usia muda juga bisa banyak yang datang, tapi ternyata hanya sedikit, 90 persen ibu-ibu yang datang,” ujar Nining kepada Cendana News, Jumat (1/10/2021) di aula desa Patrolsari.

Menurut Nining, program pemeriksaan kesehatan gratis tersebut sangat penting untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan seseorang, sehingga apabila teridentifikasi penyakit, bisa dapat segera ditangani.

“Prinsipnya mencegah itu lebih baik dari mengobati. Maka kita dianjurkan agar minimal satu bulan sekali periksa kesehatan. Sayangnya sedikit sekali yang menerapkan ini, kebanyakan orang baru mau cek kesehatan ketika sudah merasakan sakit,” jelas Nining.

Adapun layanan yang diberikan pada program tersebut antara lain pemeriksaan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol. Menurut Nining, bila ada masyarakat yang tekanan darah atau kolesterolnya melampaui batas wajar, maka akan segera dianjurkan ke fasilitas layanan kesehatan.

“Alhamdulillah sejauh ini yang periksa rata-rata kesehatannya baik, ada beberapa saja yang tekanan darahnya tinggi, tapi memang sudah ada treatment  dari dokter,” tandas Nining.

Di tempat yang sama, Engkom (51), salah seorang warga yang mengikuti program pemeriksaan kesehatan gratis itu mengaku senang dengan adanya layanan itu.

“Kita bukan cuma diperiksa kesehatannya, tapi juga dikasih anjuran-anjuran bagaimana tentang melaksanakan pola hidup sehat, tips menurunkan kolesterol. Jadi saya senang bisa ikut,” kata Engkom.

“Ditambah lagi tes ini kan gratis sayang kalau tidak dimanfaatkan. Buat orang tua seperti saya harus sering-sering tahu kondisi kesehatan badan, biar lebih tertib dan teratur hidupnya,” sambung Engkom, menutup.

Lihat juga...