Mbah Lasiyem Senang Terima Bantuan Perlengkapan Kamar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Lasiyem (86) warga Dusun Randugunting, RT 07 RW 03, Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, nampak sumringah  atau senang saat sejumlah petugas Dinas Sosial DIY dan Koperasi Tamanmartani Sejahtera mendatangi gubuk sederhana miliknya.

Ia terlihat semakin gembira saat mengetahui mereka datang untuk menyalurkan bantuan program rehabilitasi sosial penyediaan perbekalan kesehatan, berupa sejumlah peralatan kamar. Seperti kasur sebagai alas tidur, karpet lantai hingga almari untuk menyimpan pakaian.

Nenek sebatang kara yang sehari-hari hidup seorang diri ini merupakan salah satu lansia miskin dan terlantar yang beruntung mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial DIY.

Bersama 4 lainsia lainnya di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Tamanmartani, ia bisa merasakan fasilitas kamar yang selama ini tak pernah dibayangkannya.

“Jadi bisa tidur di kasur empuk. Lemari juga baru,” ungkapnya.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, mengatakan, ada sebanyak 5 orang lansia yang menerima bantuan program rehabilitasi sosial penyediaan perbekalan kesehatan berupa bedah kamar di Desa Tamanmartani. Mereka seluruhnya merupakan para lansia miskin yang selama ini hidup terlantar.

Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, Jumat (22/10/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Selama ini koperasi selalu aktif mendampingi para lansia yang ada di Desa Tamanmartani. Termasuk dalam mencarikan mereka perlindungan dan jaminan sosial dari pihak-pihak terkait, khususnya dari Dinas Sosial,” ungkapnya.

Koperasi Tamanmartani Sejahtera yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri sendiri selama ini aktif mendampingi sebanyak 75 orang lansia miskin dan kurang mampu di Desa Tamanmartani. Dari jumlah tersebut, tercatat ada sekitar 26 lansia yang dinilai memiliki kondisi kamar kurang layak. Namun sejauh ini, baru 5 lansia saja yang bisa mendapatkan bantuan bedah kamar.

“Tentu bantuan ini masih belum mencukupi. Namun mudah-mudahan adanya bantuan dari Dinsos ini bisa menginspirasi dan mendorong pihak-pihak lain untuk ikut membantu para lansia di sini sehingga mereka bisa hidup dan tinggal dengan lebih layak,” katanya.

Lihat juga...