Menikmati Udara Sore dengan Berolahraga di Waduk Tiu

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Suasana udara sore terasa sejuk dengan pepohonan rindang menjadi pendukung kenyamanan aktivitas olahraga di tepi Waduk Tiu. Sejumlah warga Jakarta Timur terlihat ada yang bersepeda, jalan santai dan berlari mengelilingi area waduk untuk menjaga kesehatan tubuhnya. 

Arnita (16) salah satu pengunjung mengaku area Waduk Tiu sangat nyaman untuk berolahraga. Ia bersama temannya kerap bersepeda mengelilingi area waduk yang sejuk dan rindang.

“Kalau nggak naik sepeda ya lari, hampir tiap sore di sini. Kalau hari akhir pekan nggak olahraga di waduk ini, habis terlalu ramai banyak pengunjungnya,” ujar Andita, kepada Cendana News ditemui di area Waduk Tiu, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (29/10/2021).

Aktivitas bersepeda dilakukan Arni  untuk menjaga kesehatan fisiknya. Apalagi kata dia selama ini kegiatan sekolah lebih banyak dilakukan di rumah, hingga tubuh pun jarang bergerak. Dalam kondisi Jakarta, PPKM berada di level 2 menjadikan lebih leluasa untuk olahraga di luar rumah.

“Jakarta, level 2 jadi lebih nyaman bisa bertemu teman dan olahraga bareng di luar rumah. Tubuh lebih fit, sehat nggak tiduran mulu,” ujar Ardian, warga Kampung Kramat, Jakarta Timur.

Begitu juga dengan Maria Ulfa, warga Pondok Duta sengaja datang bersama keluarganya untuk menikmati udara segar dan berolahraga.

“Saya santai saja ya, tiga kali keliling area Waduk Tiu ini. Lumayan keringatan, tubuh jadi segar. Itu anak saya mah masih lari-larian,” ujar Ulfa.

Aktivitas olahraga dengan jalan santai diakui Ulfa memang selalu dilakukan dengan mengelilingi waduk ini. Apalagi sebelum pandemi Covid-19 melanda.

“Saya mah kalau ke sini itu sore, kalau pagi sibuk kerjaan rumah. Alhamdulillah yang olahraga di sini ramai lagi, biasanya kalau hari Minggu suka ada senam bersama,” ujarnya.

Arif, petugas Waduk Tiu, saat ditemui Cendana News di area waduk, Jumat (29/10/2021) sore. -Foto: Sri Sugiarti

Olahraga saat sore hari di Waduk Tiu, menurutnya, cukup mendukung kebugaran tubuh karena udara segar tidak ada asap kendaraan.

Arif, petugas Waduk Tiu mengatakan, suasana waduk dengan keindahan alamnya memang memikat banyak orang dari sekitar Jakarta Timur untuk berolahraga di area ini.

Bahkan kata dia, meskipun di waduk sedang dilakukan pengerukan dalam upaya normalisasi antisipasi banjir dan genangan air di Jakarta., tapi antusias warga untuk berkunjung tetap ramai, utamanya untuk berolahraga.

“Tiap hari selalu ramai yang datang, pagi dan sore. Mereka olahraga, ada yang sepedaan, lari dan jalan santai. Jadi meskipun waduknya lagi dikeruk, nggak ada larangan bagi warga yang mau olahraga,” ujar Arif.

Yang terpenting kata Arif, setiap warga harus tertib aturan, yakni tidak boleh membuang sampah sembarangan dan merusak tanaman di pinggiran waduk. Karena area waduk ini ada penghijauan ditanami  ragam sayuran dan bunga, serta pohon produktif.

“Pengunjung mau olahraga bebas, yang penting jaga lingkungan,buang sampah pada tempatnya. Kalau mau buang air kecil, ada toilet, tempat cuci tangan juga tersedia. Intinya protokol kesehatan tetap dijaga,” tandasnya.

Lihat juga...