Nelayan di Kepri Didorong Gabung Koperasi untuk Tingkatkan Usaha

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mendorong para nelayan di Kepulauan Riau (Kepri) agar bergabung dalam koperasi untuk meningkatkan usahanya. 

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan SDM Perkoperasian dan Jabatan Fungsional Kemenkop UKM, Nasrun Siagian mengimbau agar para nelayan harus membangun  kekuatan ekonomi melalui koperasi.

Karena menurutnya, jika kegiatan usahanya dilakukan sendiri-sendiri, maka para nelayan tidak akan kuat dan terus bergantung kepada pemodal besar.

“Kita harus tanamkan pada diri kita bahwa tidak ada satu kaum bisa mengubah nasibnya kalau bukan kaum itu sendiri yang berusaha mengubahnya. Untuk itu para nelayan harus lakukan terobosan membangun kekuatan  ekonomi melalui koperasi,” ujar Nasrum, pada acara pelatihan kapasitas pengelolaan usaha koperasi, di  Batam, Kepulauan Riau, dalam rilis yang diterima Cendana News Jakarta, Minggu (31/10/2021).

Dikatakan dia, Koperasi Nelayan Bersama Batam Madani bisa menjadi role model koperasi bagi nelayan tangkap di Kepulauan Riau. Diharapkan para nelayan dapat bergabung dengan koperasi tersebut dalam upaya mengembangkan usaha yang lebih terukur.

Apalagi koperasi tersebut sudah eksis dengan berbagai programnya bagi para nelayan. Karena menurutnya, menjadi keniscayaan jika para nelayan bersatu dalam wadah koperasi yang sudah eksis dapat  ditingkatkan lagi dari sisi profesionalisme pengelolaan usahanya.

“Koperasi nelayan bisa menguasai bisnis dari hulu sampai hilir, memiliki kapal sendiri, penyediaan alat tangkap,  juga menyediakan kebutuhan keuangan anggota dan pemasarannya dilakukan oleh koperasi,” ujarnya.

Dengan berkoperasi, sebutnya, para nelayan sebagai anggotanya akan merasakan sebagai perusahaan milik bersama. Sehingga koperasi nelayan menjadi korporasi koperasi yang lebih modern dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Insyaallah loyalitas anggota terhadap koperasi akan terbangun dengan sendirinya, kesejahteraan hidup nelayan juga meningkat,” pungkasnya.

Lihat juga...