Nikmatnya Tempe Kecap Pedas Saus Tiram

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Kreasi penyajian kuliner dengan beragam bumbu, menghadirkan kelezatan penggoyang lidah. Salah satunya, tempe, makanan tradisional dari fermentasi kedelai dan jamur kapang, yang bisa dibuat menjadi tempe kecap pedas saus tiram.

Stevani, warga Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, pembuat tempe kecap pedas saus tiram, menyebut varian kuliner tempe kecap pedas saus tiram dikombinasikan dengan daging ayam potong dadu.

Bahan pembuatan tempe kecap pedas saus tiram berupa tempe dua papan. Bumbu lain yang disiapkan berupa bawang merah, bawang putih, lengkuas, cabai hijau, garam saus tiram, kecap, penyedap rasa. Agar lebih nikmat,lada bubuk, merica, bawang daun bisa ditambahkan.

Stevani menjelaskan, membuat tempe kecap pedas saus tiram cukup sederhana. Tempe yang telah dipisahkan dari bungkusnya dipotong kecil ukuran dadu. Tambahkan daging ayam bagian dada yang juga dipotong dadu. Dua jenis bahan tersebut digoreng setengah matang. Semua jenis bumbu dihaluskan menggunakan blender untuk percampuran yang merata. Panaskan minyak, lalu tumis semua bumbu hingga harum pada wajan.

“Agar sensasi rasa bisa lebih nikmat, sejumlah bumbu berupa bawang merah, bawang putih, bawang daun, cabai hijau diiris ukuran kecil, sementara bumbu lain bisa dihaluskan agar saat ditumis memunculkan aroma harum dan lezat untuk penggugah selera kala sarapan,” terang Stevani, saat ditemui Cendana News, Sabtu (16/10/2021).

Setelah semua bumbu ditumis, Stevani menyebut tahap selanjutnya menuangkan tempe dan daging ayam. Aduk merata bahan tempe dan daging ayam yang dipotong dadu. Taburkan bumbu yang diiris tipis berupa bawang merah, bawang putih dan cabai hijau. Setelah diaduk merata, tambahkan saus tiram, kecap manis secara merata. Koreksi rasa dengan penyedap rasa, garam. Saat matang, sajikan dan beri taburan bawang daun yang telah diiris.

Stevani menyebut, mengolah tempe kecap pedas saus tiram butuh waktu singkat. Setelah matang, sajikan dalam mangkuk untuk lauk sarapan. Sebagai variasi, ia menyebut olahan tempe kecap pedas saus tiram kerap diberi udang. Namun, ia menggantinya dengan daging ayam. Kandungan nutrisi pada olahan tempe kecap pedas saus tiram berupa protein, vitamin dan bahan bergizi lainnya.

“Aroma yang harum meski hanya olahan tempe seperti membuat ayam kecap, sehingga disukai anak anak,” ulasnya.

Mengolah tempe kecap pedas saus tiram, sebut Stevani dilakukan dengan memilih tempe segar. Tempe segar ditandai dengan jamur kapang warna putih dan kedelai yang telah rapat. Aroma tempe yang segar menjadi bahan kuliner nan lezat dengan variasi olahan memakai kecap manis dan saus tiram. Tambahan sayur lain berupa sayur asam, daun singkong rebus dan sambal tomat.

Qiandra Ataya, salah satu keponakan, menyukai menu tempe kecap pedas saus tiram. Olahan berbahan tempe kerap disajikan dengan cara digoreng memakai tepung. Sajian lauk dari tempe dengan ayam, sebutnya cukup lezat. Disajikan dengan nasi hangat, lauk berbahan tempe dengan bumbu yang gurih dan lezat membuatnya lahap. Menu tempe kecap pedas saus tiram juga kerap dijadikan bekal saat sekolah.

“Saat sekolah, bekal tempe kecap pedas saus tiram menambah selera makan,”ulasnya.

Lihat juga...