Olahan Lezat Berbahan Cumi untuk Tumis Sayur dan Nasi Goreng

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Potensi kawasan pesisir Teluk Lampung memberi sumber bahan olahan boga bahari. Cumi salah satunya menjadi bahan baku pembuatan sayur dan campuran nasi goreng.

Stevani, warga Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung menyebut membuat varian kuliner berbahan cumi. Bahan diperoleh dari hasil tangkapan nelayan.

Stevani bilang memilih cumi segar dilakukan olehnya dari nelayan Kelurahan Sukaraja. Hasil tangkapan nelayan dengan proses memakai jaring payang pinggiran mendapatkan cumi segar yang bisa langsung diolah. Varian olahan berbahan cumi yang dibuat menjadi tumis sayur dengan campuran berbagai sayur hijau. Ia juga mengaplikasikan cumi untuk nasi goreng.

Olahan pertama yang dibuat sebutnya berupa tumis cumi sayur. Bahan yang digunakan berupa cumi cumi segar, sayuran jenis wortel, paprika, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, bawang daun, seledri. Sayuran segar ditambahkan berupa wortel, brokoli. Tambahan bumbu lain berupa gula, garam, saos tiram dan lada. Semua bahan tersebut dipotong ukuran kecil untuk bumbu tumis.

Proses memasak tumis cumi sayur dilakukan Stevani di Bumi Waras, Sabtu (30/10/2021). -Foto Henk Widi

“Cuci bersih cumi cumi yang telah dibeli dengan cara memisahkan bagian perut yang berisi cangkang keras lalu potong ukuran kecil agar saat pemasakan bisa lebih matang, agar tidak amis rendam sebentar memakai garam dan perasan jeruk nipis, pisahkan untuk bahan tumis dan sebagian untuk campuran nasi goreng,” terang Stevani saat ditemui Cendana News, Sabtu (30/10/2021).

Stevani bilang bahan bumbu yang dipersiapkan berupa bawang merah, putih yang dipotong, tomat, bawang daun dipotong. Selanjutnya tumis semua bumbu hingga harum, tambahkan cabai sebagai penambah rasa pedas. Masukkan semua bahan berupa potongan cumi yang telah dipotong. Masukkan semua sayuran, saus tiram, wortel, brokoli tunggu hingga matang. Tambahkan gula, garam, lada, kaldu secukupnya.

Tumis cumi sayur hingga matang, koreksi rasa dengan menambahkan kecap, penyedap rasa dan lada. Aroma harum dan daging cumi yang lunak, campuran tinta warna hitam menjadi penanda tumis telah matang. Sajikan tumis cumi sayur yang telah matang dalam mangkuk. Penyajian dalam kondisi hangat menjadi cara untuk menikmati hidangan berbahan cumi.

“Sebaiknya bagian tinta dipisahkan lalu siramkan saat menjelang matang sehingga rasa akan semakin lezat,” bebernya.

Selanjutnya Stevani membuat nasi goreng cumi sebagai varian boga bahari buatannya. Cumi yang telah dibersihkan, dipotong ukuran kecil selanjutnya ditumis memakai mentega, garam dan penyedap rasa. Angkat tumis cumi yang telah matang lalu pisahkan dalam wadah khusus. Sebagai tambahan gunakan dua butir telur ayam yang digoreng orak arik untuk campuran.

Nasi goreng cumi, salah satu varian menu olahan yang dibuat Stevani untuk keluarganya di Kelurahan Bumi Waras, Sabtu (30/10/2021). -Foto Henk Widi

Nasi putih yang telah disiapkan sebut Stevani akan digoreng bersama dengan sejumlah bumbu. Jenis bumbu yang digunakan sebutnya berupa cabai hijau, cabai merah, bawang merah, bawang putih. Tumis semua bumbu yang dihaluskan dengan cara menguleknya memakai cobek batu atau diblender. Selanjutnya tumis semua bumbu halus, masukkan nasi putih untuk porsi empat orang.

“Proses memasak nasi goreng dilakukan dengan api sedang, setelah mulai tercampur semua bumbu masukkan potongan cumi dan telur orak arik,” ulasnya.

Nasi goreng cumi yang telah matang sebut Stevani bisa dihidangkan. Hidangan nasi goreng cumi sebutnya bisa menjadi menu sarapan dan tumis cumi sayur bisa disantap bersama nasi putih.

Dua varian olahan berbahan cumi cumi menjadi olahan penuh gizi dengan tambahan sayuran menyehatkan. Memanfaatkan bahan baku yang segar, bergizi ia menyebut bisa menyajikan menu sehat bagi keluarganya.

Qiandra Ataya, salah satu keponakan yang menikmati olahan tumis cumi sayur dan nasi goreng cumi mengaku rasanya lezat. Ia menyebut dengan menu yang lezat itu bisa lebih lahap saat makan.

Olahan berbahan cumi bisa disantap sebagai sayur saat menikmati nasi putih. Sajian nasi goreng yang diberi tambahan cumi dan telur orak arik nan gurih menjadi menu nan lezat saat akhir pekan.

Lihat juga...