Oseng Tahu Susu Sapi Murni, Soal Rasa Dijamin Bikin Ketagihan

Editor: Maha Deva

Oseng tahu susu sapi, kuliner nikmat yang dijamin bisa bikin ketagihan, Sabtu (9/10/2021) di Kabupaten Bandung - Foto Amar Faizal Haidar

BANDUNG – Tahu, merupakan salah satu makanan paling populer di Indonesia. Namun tahukah anda, tahu tidak selalu berbahan dasar kedelai. Ada tahu yang terbuat dari susu sapi murni.

Meskipun tidak sepopuler tahu kedelai, tapi soal rasa, tahu susu sapi ini bisa jadi lebih nikmat. Dan bila diolah menjadi menu oseng, tahu susu sapi yang berpadu dengan bumbu-bumbu pilihan, dijamin akan membuat lidah ketagihan.

Dian Darwati, warga desa Arjasari, kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar) mengatakan, proses pembuatan oseng tahu susu sapi relatif mudah. Pertama potong tahu berbentuk dadu berukuran kecil. “Tahu ini tidak usah dicuci lagi karena sudah bersih, dan sudah dikukus sebelumnya. Jadi langsung potong kecil-kecil saja. Terus tumis dulu, bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris sampai tercium aromanya dengan minyak sedikit,” kata Dian, kepada Cendana News, Sabtu (9/10/2021).

Dian Darwati, warga desa Arjasari, kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang kerap membuat oseng tahu susu sapi, Sabtu (9/10/2021) di Kabupaten Bandung – Foto Amar Faizal Haidar

Setelah itu, masukkan tahu hingga warnanya tampak menguning. Lalu campurkan bumbu seperti garam, penyedap rasa. Oseng masakan hingga bumbu meresap dan merata, lalu koreksi rasa. “Sebelum diangkat, tambahkan daun kemangi biar aroma dan rasanya makin mantap. Dan setelah diangkat, biasanya saya tambahkan daun bawang yang sudah diiris, ditaburkan saja di atasnya. Selesai dan bisa dihidangkan,” tandas Dian.

Menurut Dian, tahu susu ini memiliki tekstur yang lebih padat namun empuk, dengan rasa yang lebih gurih meskipun tercium sedikit amis. Dian menyebut, anggota keluarganya sangat menyukai hidangan oseng tahu susu sapi. “Jarang-jarang sih bikin kuliner oseng tahu susu sapi, karena selain harganya agak mahal, tahu ini juga tidak selalu ada di warung maupun di pasar,” ucap Dian.

Ipah, salah seorang pedagang tahu susu sapi di Arjasari mengatakan, tahu susu sapi terbuat dari susu sapi yang baru melahirkan. Sebelum diolah menjadi tahu, susu sapi tersebut sudah terlebih dahulu dibumbui dan dikukus. “Jadi pas dijual itu memang sudah terasa enak, karena sudah dikasih garam, penyedap rasa, bawang putih halus, ketumbar halus, dan kunyit, baru dibungkus dengan plastik bening dan dikukus,” jelas Ipah.

Ipah menyebut, biasanya menjual tahu susu sapi Rp10.000 per bungkus isi satu liter susu. Ia mengaku menerima langsung tahu susu sapi tersebut dari pabrik yang memproduksinya. “Di sini ada pabrik tahu, tidak besar, kadang-kadang bikin tahu susu sapi, dan saya ambil langsung dari situ, makanya harga Rp10.000. Sebetulnya tidak terlalu mahal, kalau di tempat lain mungkin harganya bisa jauh lebih mahal,” pungkas Ipah.

Lihat juga...