Pancake Coklat, Menu Rumahan yang Nikmat dan Sederhana

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Akhir pekan selalu menjadi waktu yang cocok untuk mencoba menghadirkan menu makanan baru sajian keluarga. Salah satunya, bisa mencoba membuat pancake coklat yang satu ini.

Proses membuatnya sangat mudah, bahan-bahannya sederhana, namun soal rasa tak perlu diragukan lagi, pancake coklat satu ini dijamin bisa membuat seisi rumah ketagihan.

Nenden Pupu (28), Ibu rumah tangga asal Desa Serangmekar, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat berbagi resep dan teknik mengolah pancake coklat. Menurutnya, ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, antara lain tepung terigu, telur, santan cair, garam, baking powder, air, coklat dan margarin.

“Kita bikin adonannya terlebih dahulu. Pertama, campurkan telur, baking powder dan santan cair, aduk hingga mengembang. Kalau sudah, masukkan tepung terigu dan garam, aduk hingga merata sampai adonan merata, dan diusahakan tekstur adonan tidak terlalu kental,” kata Nenden kepada Cendana News, Sabtu (30/10/2021) di kediamannya.

Nenden Pupu memamerkan pancake coklat yang diolahnya, Sabtu (30/10/2021). -Foto Amar Faizal Haidar

Setelah itu, lanjut Nenden, siapkan coklat yang nantinya akan dijadikan topping (atasan). Coklat itu bisa yang bubuk mapun batangan. Apabila memilih yang batangan, maka coklat diparut tipis atau kotak-kotak kecil, tergantung selera.

“Kalau adonan dan topping-nya sudah siap, panaskan teplon, oleskan sekelilingnya dengan margarin, kemudian masukkan adonan berbentuk bulat. Apinya kecil saja,” tandas Nenden.

Kemudian, setelah adonan tampak setengah matang, taburi gula secukupnya di atas adonan, lalu masukkan pula coklat yang telah diiris. Biarkan pancake masak sekitar 3-5 menit. Jika sudah matang, angkat dan sudah bisa disajikan,” papar Nenden.

Di tempat yang sama, Haidar sang suami menyebut, pancake coklat buatan sang istri rasanya tidak kalah dengan daroyaki, makanan khas jepang yang banyak dijual di toko-toko ritel.

“Saya tidak ragu-ragu memuji masakan ini, rasanya itu memang enak sekali, apalagi anak-anak juga suka. Sebetulnya kalau mau modal sedikit, pakai coklat chunki bar atau silver queen bakal lebih nikmat,” ucap Haidar.

Selain itu, menurut Haidar, pancake itu juga bisa dibikin asin, artinya bisa diolah sesuai selera. Jika seseorang tidak suka manis, maka pancake bisa dibikin asin ataupun pedas.

“Istri saya kalau bikin pancake biasanya ada dua jenis, yang manis dan asin. Kalau yang asin bisa dimakan pakai saus, itu juga tidak kalah enak dari yang manis. Pokoknya memang pancake ini menu akhir pekan yang nikmat,” pungkas Haidar.

Lihat juga...