Pasar Senja, Tempat Alternatif Menikmati Kuliner di Lampung Tengah

Editor: Maha Deva

LAMPUNG  Akhir pekan, menjadi waktu yang tepat untuk berburu kuliner. Dan bagi warga Lampung Tengah, berburu makanan tradisional di Pertigaan Beringin Harjo, yang dikenal sebagai pasar senja Desa Tempuran 12 B, Kecamatan Trimurjo, Lampung Tengah, menjadi salah satu pilihan mengisi akhir pekan.

Lokasi yang strategis untuk berdagang tersebut, kini dikenal dengan sebutan pasar senja Beringin Harjo. Azis, salah satu warga memanfaatkan keberadaan pasar senja untuk berjualan mi ayam. Pemerintah desa, memfasilitasi kegiatan di Pasar Senja, untuk mendorong warga berkreasi di usaha kuliner. Dan kini, selain memberi peluang usaha, pasar senja Beringin Harjo sudah menjadi tempat untuk santai bersama keluarga.

“Semenjak ada fasilitas kuliner, sejumlah warga bisa bersantai dengan suasana senja, dihiasi dengan lampu hias warna warni sembari menikmati sejumlah menu kuliner tradisional dan kekinian, semula pedagang berjumlah puluhan kini berkurang karena masih masa pandemi,” ujar Azis, saat ditemui Cendana News, Sabtu (9/10/2021) sore.

Konsep pasar senja, adalah pujasera atau pusat jajan serba ada. Warga bisa datang dan menikmati berbagai macam menu kuliner. Fasilitas kursi dan meja sudah tersedia. Dan suasana senja di bawah pohon beringin, menjadikan tempat tersebut saat ini favorit bagi warga sekitar. Suasana akan semakin ramai saat akhir pekan.

Dihantam pandemi, Azis menyebut, sebagian pedagang sementara berhenti usaha. Namun Azis tetap optimis, saat pandemi telah berakhir usaha tersebut akan kembali ramai. Keberadaan pasar senja Beringin Harjo, berpotensi menggerakan ekonomi warga sekitar.

Meski hanya mendapat omzet puluhan hingga ratusan ribu, Asiz dan sejumlah pedagang, bisa mendapat penghasilan. “Sejumlah warga bisa memanfaatkan lokasi untuk berjualan sebagai sumber penghasilan warga dari bahan kuliner,” ujar Azis.

Susianti, salah satu warga, memilih pasar senja Beringin Harjo untuk membeli sate ayam kegemarannya. Kedekatan dengan rumah, sehingga tidak harus pergi jauh, mendorongnya untuk mendatangi lokasi tersebut, untuk beburu menu kuliner.

Mengajak serta sang anak, suasana santai di pertigaan Beringin Harjo disebutnya cukup nyaman untuk bersantai. Terlebih di pusat kuliner tersebut, saat ini juga mangkal para penyedia jasa permainan anak-anak. Permainan seperti, kereta mini dan becak mini menjadi alternatif anak-anak bermain. “Kalau kami bisa momong anak-anak saat senja, sembari makan sate ayam dan sempol ayam,” ulasnya.

Lihat juga...