Patson Daka Cetak Empat Gol, Leicester Jungkalkan Spartak Moskow 4-3

Pesepak bola Leicester City, Patson Daka (kedua kiri), melakukan selebrasi setelah mencetak gol sekaligus menggenapi gol ketiga yang ia ciptakan saat melawan Spartak Moscow dalam laga Group C Liga Eropa, di Stadion Otkrytie Arena, Moskow, Rusia, Rabu (20/10/2021) - Foto Ant  
JAKARTA – Patson Daka, sukses mengemas empat gol, saat membantu Leicester City bangkit menjungkalkan Spartak Moskow 4-3, dalam laga lanjutan Grup C Liga Europa yang digelar di Stadion Otkrytie Arena, Rusia, Rabu (20/10/2021) malam.

Leicester, tertinggal 0-2 lebih dulu dari tuan rumah, setelah Aleksandr Sobolev dan Jordan Larsson mencetak gol, sebelum Daka, bertubi-tubi menjebol gawang Spartak empat kali, demi membalikkan keadaan. Sobolev, mencetak gol keduanya untuk Spartak di pengujung laga, tapi Leicester berhasil menjaga keunggulan 4-3, demi meraih tiga poin penuh pertama mereka di Liga Europa musim ini.

Tim besutan Brendan Rodgers itu sementara naik ke posisi kedua klasemen Grup C, dengan koleksi empat poin. Mereka melompati Spartak (3) serta Napoli (1), yang baru main sehari berselang melawan Legia Warszawa (6). Kendati Leicester mengawali pertandingan dengan baik, Spartak mampu membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-11, lewat aksi tusukan Sobolev, diakhiri sepakan melengkung yang gagal diantisipasi kiper Kasper Schmeichel.

Leicester, nyaris memberi jawaban instan, tetapi tembakan jarak jauh James Maddison yang tajam direspon dengan gemilang oleh penyelamatan kiper Aleksandr Maksimenko. Tim tamu terus lebih banyak mendikte permainan, tapi gawang mereka kebobolan lagi pada menit ke-44 dari tembakan Larsson yang menyelesaikan umpan silang kiriman Victor Moses.

Semenit berselang, kerja keras Leicester akhirnya membuahkan hasil, saat Kelechi Iheanacho mengirim umpan terobosan apik yang diselesaikan sempurna oleh Daka, demi membuat babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-2. Tiga menit memasuki babak kedua, Leicester langsung menggebrak dan Daka mencetak gol keduanya ke gawang Spartak, yang sudah ditinggalkan Maksimenko karena terpancing pergerakan Iheanacho. Spartak dua, Leicester dua.

Momentum Leicester berlanjut saat Daka mencetak gol ketiganya dengan mengolongi Maksimenko, setelah menerima umpan terobosan Youri Tielemans dan membawa tim tamu berbalik memimpin dengan skor 3-2. Leicester kian berbahaya, setiap kali memiliki penguasaan bola. Dan pada menit ke-78, Daka melengkapi torehan caturgolnya, memanfaatkan umpan terobosan dari Maddison demi memperdaya Maksimenko lagi.

Spartak berusaha untuk bangkit lagi, dan Sobolev mencetak gol keduanya menyambut umpan tarik Moses, untuk mengubah kedudukan menjadi 3-4. Namun skor itu tak berubah hingga peluit bubaran berbunyi dan memberi kemenangan bagi Leicester. Leicester, selanjutnya akan berganti peran menjadi tuan rumah menjamu Spartak di Stadion King Power dua pekan lagi. (Ant)

Lihat juga...