Pedas Manis Asinan Jambu Kristal Nikmat Berkat Kiamboy

Editor: Maha Deva

Asinan buah jambu kristal, jambu, apel semakin segar dengan bumbu cabai dan kiamboy, Sabtu (16/10/2021) - Foto Henk Widi

LAMPUNG – Cuaca yang panas di sebagian Lampung, menjadikan banyak orang yang mencari camilan segar. Asinan buah, salah satunya asinan jambu krista, biasa dipilih untuk mendapatkan kesegaran.

Stevani, warga Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung menyebut, asinan buah kaya dengan vitamin. Dan alih-alih membeli, dia memilih membuatnya sendiri di rumah. Bahan asinan jambu kristal, diperoleh dari pedagang.

Jambu kristal matang, ditandai dengan kulit berwarna hijau cerah. Satu kilogram jambu Kristal, bisa dipergunakan untuk membuat asinan dengan tambahan apel, jambu air, dab alpukat. Dan Stevani lebih memilih jambu Kristal, karena mudah diperoleh dan memiliki tekstur renyah, rasa asam dan manis.

Untuk membuatnya, buah dicuci bersih, kupas dan potong ukuran kecil, siapkan bumbu asinan berupa cabai keriting, cabai merah, cabai rawit, gula, garam, jeruk nipis dan kiamboy. “Salah satu kunci kelezatan asinan buah jambu kristal dan berbagai jenis buah dengan menambahkan kiamboy, salah satu buah yang diawetkan untuk menambah sensasi rasa asam dan warna merah pada asinan sehingga akan menambah kesegaran paduan rasa asin, asam dan manis,” terang Stevani saat ditemui Cendana News, Sabtu (16/10/2021).

Jeruk kunci dan awetan buah kiamboy jadi kunci kesegaran asinan buah salah satunya berbahan jambu kristal, Sabtu (16/10/2021) – Foto Henk Widi

Sembari menyiapkan buah jambu kristal dan buah lainnya, siapkan bumbu asinan. Haluskan cabai merah, cabai rawit, cabai keriting dengan cara diulek memakai cobek batu. Sebagian cabai dipotong ukuran kecil utuh, untuk menambah sensasi rasa pedas.

Tahap selanjutnya, didihkan air lalu rebus campuran bumbu cabai yang dihaluskan, gula, garam hingga air mendidih, lalu dinginkan. Tuangkan air rebusan cabai ke wadah tempat menyimpan potongan buah dan aduk hingga merata. Beri tambahan jeruk kunci atau nipis yang dipotong sebagian ambil air perasannya. Tambahkan irisan cabai yang telah disiapkan lalu koreksi rasa air dengan gula, garam hingga rasa pas di lidah. “Asinan jambu kristal akan menghasilkan sensasi rasa manis, asin, pedas namun harus pas, jika rasa asam kurang maka kiamboy akan jadi perasa yang meningkatkan kelezatan,” ulasnya.

Semua bahan yang telah disiram air cabai, diberi tambahan kiamboy, jeruk nipis selanjutnya didiamkan. Proses mendiamkan bahan asinan dilakukan dengan cara menutup wadah, lalu disimpan pada lemari pendingin, agar semua bumbu meresap ke dalam buah jambu kristal. Kiamboy dan jeruk nipis akan meresap dalam pori pori buah dan segar disajikan dingin.

Ciri khas buah jambu kristal yang berrongga, akan menyerap kuah cabai dan cairan kiamboy. Agar lebih sempurna penyimpanan asinan dalam wadah bisa dilakukan minimal selama dua jam. Sensasi rasa jambu kristal dan buah lainnya di dalam asinan akan semakin segar, setelah disimpan semalaman di lemari pendingin. “Buah jambu kristal berwarna putih akan berubah menjadi merah oleh kiamboy dan akan memiliki rasa paduan manis, asin, asam dan pedas,” ulasnya.

Hasanah, pedagang jambu kristal di Jalan Diponegoro, Bandar Lampung menyebut, jambu kristial memiliki rasa cukup manis. Bagi sebagian orang, buah jambu kristal diolah menjadi asinan, rujak hingga es buah. Tekstur lembut buah jambu Kristal, juga cukup nikmat disantap selagi segar. Mengolah buah jambu kristal memakai kiamboy, jeruk kunci atau jeruk nipis juga akan menjaga keawetan asinan. Sensasi paduan pedas, manis, asam jadi camilan nan lezat berikut kuahnya.

Lihat juga...