Pemain MU Sudah Tak Percayai Solskjaer

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, dalam pertandingan melawan Liverpool di Old Trafford, Manchester, Inggris, 24 Oktober 2021 – foto Ant

JAKARTA – Ole Gunnar Solskjaer, sedang menghadapi masalah berat, mengenai bagaimana harus menyelamatkan posisinya sebagai manajer Manchester United (MU). Pelatih berusia 48 tahun itu sudah tak dipercayai sebagian besar pemainnya, bahkan sebelum Setan Merah dihantam 0-5 oleh Liverpool baru-baru ini.

Selain itu, para petinggi United sudah mengetahui, bahwa mantan pelatih Inter Milan, Antonio Conte, bersedia menjadi manajer Setan Merah. Solskjaer yang awalnya ditunjuk sebagai manajer sementara setelah Jose Mourinho dipecat pada Desember 2018, kini sudah lima kali kalah dari sembilan pertandingan terakhirnya.

Solksjaer, juga kabarnya hanya didukung oleh para pemain MU asal Inggris, dan sebagian kecil saja dari legiun asingnya. Sekalipun suasana di dalam klub sama sekali berbeda dari situasi yang kacau balau saat ditangani Mourinho, kekalahan dari Liverpool, telah menyembulkan pertanyaan soal masa depan Solskjaer di Old Trafford.

Sebagian besar pemain menyoroti ketidakmampuan Solskjaer memecahkan masalah pertahanan timnya, favoritisme terang-terangan terhadap pemain-pemain berkinerja buruk dan keengganannya memainkan, Jesse Lingard, Donny van de Beek dan Nemanja Matic. Itu semua telah menyebabkan sejumlah pemain blak-blakan mengkritik manajer asal Norwegia itu.

Sumber-sumber di dalam klub juga menyebut, pemain-pemain senior semakin dibuat jengkel oleh ketidaktegasan, Solskjaer, terhadap para pemain depannya yang tumpul. Seorang sumber menunjuk kurangnya saling pengertian antara Cristiano Ronaldo dan Mason Greenwood, gara-gara ketidakmampuan Solskjaer dalam memaksa kedua pemain itu agar bekerja sama dengan baik di lapangan.

Para pemain MU melihat, kedua pemain itu jarang mau saling mengoper saat dalam posisi menyerang. Ronaldo bahkan kesal oleh keputusan Greenwood, yang sering mengeksekusi sendiri bola ketimbang mengumpan bola kepadanya, padahal Ronaldo sudah dalam posisi baik untuk mencetak gol. Para pemain MU menjadi yakin, mantan manajer Molde itu memang tidak seberpengalaman dan memiliki mentalitas seperti dimiliki, Pep Guardiola, Jurgen Klopp dan Thomas Tuchel. Pemain-pemain senior MU menginginkan arahan yang lebih taktis dari Solskjaer dan tim pelatihnya, yang memang jarang mereka dapatkan.

Oleh karena itu kini, Antonio Conte, yang pernah mengantarkan Juventus, Chelsea dan Inter Milan memenangkan trofi domestik dianggap sebagai pelatih yang tepat untuk MU. United kabarnya memang enggan merekrut, Conte, karena karakternya yang keras dan penuntut. Tetapi disadari bahwa dia adalah pilihan terbaik yang tersedia, jika mereka memecat Solksjaer. Mauricio Pochettino, sebenarnya menjadi pilihan ideal MU. Tetapi pelatih ini sudah terikat Paris Saint-Germain, sekalipun juga menghadapi awal musim yang tidak meyakinkan. (Ant)

Lihat juga...