Pemda Sikka Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Pemerintah Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi kalangan pelajar di beberapa sekolah bekerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga, demi mengejar target pencapaian persentase vaksinasi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT, dr. Clara Yosefine Francis, MPH saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan di Kota Maumere, Jumat (8/10/2021). Foto : Ebed de Rosary

“Saat ini sedang dilakukan vaksinasi bagi para pelajar SMA dan sederajat setelah sebelumnya menyasar ibu hamil dan kaum difabel,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT, dr. Clara Yosefine Francis, MPH saat dihubungi, Selasa (12/10/2021).

Clara mengatakan, selain menyasar sekolah-sekolah bekerjasama dengan berbagai lembaga dan organisasi, pihaknya pun gencar melakukan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas-Puskesmas.

Ia menyebutkan, antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat baik sehingga di berbagai tempat pelaksanaan vaksinasi selalu dibanjiri oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

“Pemerintah merasa terbantu dengan adanya berbagai lembaga dan organisasi yang melaksanakan vaksinasi Covid-19. Kami dari Dinas Kesehatan menyediakan tenaga kesehatan untuk membantu pelaksanaan vaksinasi,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo saat bertemu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan meminta penambahan vaksin Covid-19.

Robi sapaannya menyebutkan, dari total 248 ribu warga Kabupaten Sikka, baru 35 persen saja yang sudah mendapatkan suntikan agar bisa mencapai kekebalan komunitas.

“Dirjen P2P menyanggupi akan mengirimkan 50 ribu dosis vaksin dan akan menambahnya lagi apabila dosis yang ada sudah habis terpakai. Dirjen P2P juga akan mengunjungi Kabupaten Sikka apabila sudah 70 persen warga divaksin,” ungkapnya.

Robi menambahkan, pemerintah menargetkan sebelum akhir Desember 2021 capaian persentase vaksinasi Covid-19 harus sudah 70 persen sehingga gencar dilaksanakan vaksinasi.

“Pemda Sikka akan berusaha keras agar setidaknya 70 persen masyarakat sudah mendapatkan dua kali suntikan vaksin Covid-19 sebelum akhir tahun. Dengan begitu di tahun 2022 kita bisa memulai hidup normal tanpa kuatir lagi pada ancaman Covid-19,” ungkapnya.

Lihat juga...