Pemkab Bangka Maksimalkan Pembinaan UMKM Percepat Pemulihan

SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan pembinaan pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna membantu mempercepat pemulihan ekonomi akibat dampak sebaran Covid-19.

“Pembinaan bagi pelaku UMKM baik dalam bentuk pelatihan, pendampingan dan kemudahan untuk mendapatkan akses permodalan diperlukan untuk menjaga konsistensi,” kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Senin (4/10/2021).

Menurutnya, sektor UMKM berada pada posisi penting dalam membantumeningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, mengingat sektor ini usahanya banyak diminati masyarakat.

Terdata jumlah UMKM di Kabupaten Bangka yang tersebar di delapan kecamatan mencapai lebih dari 50 ribu unit usaha dengan sebagian besar pada produk kuliner atau makanan jadi. Secara bertahap pelaku UMKM seperti kuliner, kerajinan sudah mendapatkan pelatihan dari dinas terkait.

“Melalui pembinaan itu, diharapkan pelaku UMKM mampu bersaing secara baik yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya memberikan perhatian serius terhadap aktivitas UMKM seperti memberikan subsidi bunga pinjaman permodalan usaha, melalui lembaga keuangan bank SumselBabel sebagai salah satu bank mitra pemerintah daerah.

Bupati mengakui, akibat pandemi Covid-19 yang terjadi hampir dua tahun mengakibatkan menurunnya perekonomian masyarakat, meskipun dengan angka presentase relatif rendah.

“Saya melihat pelaku UMKM sudah mulai beradaptasi dengan mengikuti perkembangan saat ini, seperti membaiki kemasan makanan yang dapat menjadi daya tarik pembeli, memperluas akses penjualan menggunakan layanan media sosial,” katanya.

Dia mengatakan, sektor UMKM juga menjadi peyokong sektor usaha kepariwisataan daerah yang saat sekarang terus dikembangkan untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri. (Ant)

Lihat juga...