Pencairan BSU Akan Tuntas Oktober Ini

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram H Rudi Suryawan.-Ant

MATARAM – Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan pencairan terakhir bantuan subsidi upah (BSU) dari pemerintah sebagai dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan pada bulan Oktober 2021.

“Karenanya, kami berharap calon penerima BSU bersabar. Prinsipnya, pekerja yang sudah dinyatakan lolos verifikasi tetap akan menerima BSU,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram, H Rudi Suryawan, di Mataram, Kamis (7/10/2021).

Dikatakan, dari 32.000 pekerja di Kota Mataram yang diusulkan mendapatkan BSU, yang berhasil lolos verifikasi sekitar 20.000-an pekerja. Dari jumlah itu, 4.700 pekerja sudah menerima BSU sebesar Rp1 juta yang merupakan subsidi bulan Juli-Agustus 2021.

“Sisanya akan ditransfer secara bertahap oleh pemerintah melalui bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Insyaallah, bulan Oktober ini pencairan BSU rampung,” katanya.

Rudi mengakui, sejak pencairan pada Agustus 2021 sebanyak 4.700 penerima BSU asal Kota Mataram itu, sampai saat ini belum ada tambahan lagi.

“Kami intensif berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui apakah sudah ada tambahan atau belum, dan sejauh ini belum ada tambahan. Tapi, informasinya pencairan BSU akan dituntaskan Oktober ini,” katanya lagi.

Lebih jauh, menurut Rudi pekerja yang tidak lolos verifikasi, antara lain karena ada yang sudah masuk program harapan keluarga (PKH), alamatnya tidak masuk daerah dengan zona PPKM level empat dan tiga, dan gaji di atas Rp3,5 juta.

“Pekerja di Mataram mendapatkan BSU karena saat itu (bulan Juli-Agustus 2021) Kota Mataram masuk menjadi salah satu daerah dengan zona PPKM level empat. Namun, saat ini sudah turun jadi level dua,” katanya.

Lebih jauh, Rudi mengatakan dalam proses pencairan BSU ini hanya dilakukan melalui bank Himbara, sehingga beberapa perusahaan yang karyawannya lolos verifikasi penerima BSU dan tidak memiliki rekening bank Himbara, diminta untuk segera membuka rekening.

“Bank yang masuk Himbara antara lain BRI, BNI dan Mandiri. Harapannya, melalui BSU dapat membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19,” katanya. (Ant)

Lihat juga...