Pentingnya Peran Guru Menciptakan Pembelajaran Berkualitas di PAUD

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Untuk menjadikan lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lebih berkualitas, kunci utamanya adalah guru sebagai penyampai pembelajaran yang juga harus memahami teknik di lapangan.

“Tentang Lingkungan Belajar Berkualitas, untuk menjadi PAUD berkualitas, salah satunya didukung oleh lingkungan belajar. Nah lingkungan belajar berkualitas itu akan berhasil apabila guru sebagai kunci  penyampai pembelajaran mampu mengajar dengan baik,” ungkap Lusi, kepada Cendana News, Kamis (28/10/2021).

Lusi menjadi pemateri dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan lingkungan belajar berkualitas pada Satuan PAUD pusat kegiatan gugus Kota Bekasi, bekerjasama antara Dinas Pendidikan dengan Dirjend PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbudristek. Kota Bekasi menjadi salah satu fokus untuk pengembangan PAUD berkualitas.

Dikatakan, bahwa Kota Bekasi konsisten sebagai salah satu wilayah layak anak yang memberi pembelajaran terbaik bagi anak usia dini sebagai investasi untuk Indonesia Maju. Investasi tersebut tentu dari lembaga satuan PAUD.

“Kunci lingkungan belajar berkualitas untuk mewujudkan anak aman, nyaman tentunya harus melalui belajar bermakna. Nah metode belajar yang paling baik untuk anak tersebut adalah dengan cara bermain,” papar Lusi.

Menurutnya, bermain adalah hak anak karena melalui bermain bisa membangun naluri anak dalam memahami berbagai hal yang tidak tertulis, dibanding sistem belajar klasikal. Dengan bermain anak lebih banyak memahami aturan tidak tertulis.

Hal tersebut menjadi bekal ke depan di tengah masyarakat karena banyak aturan tidak tertulis. Anak juga bisa belajar komunikasi secara efektif dengan orang lain, bekerjasama dalam belajar menyelesaikan masalah, berpikir kreatif.

“Itu semua bisa dilakukan dengan kegiatan bermain, intinya di satuan PAUD itu semua permainan harus bermakna. Sehingga anak bisa memiliki bekal yang cukup untuk menyongsong tantangan di masa depan,” ucap Lusi.

Diketahui, semua peserta Bimtek belajar dari guru PAUD, pemilik PAUD masing-masing kecamatan yang juga diminta sharing ilmu antar guru praktik di wilayahnya.

“Peserta Bimtek diambil dari setiap kecamatan dari unsur Pusat Kegiatan Gugus (PKG) kecamatan dua orang, Himpaudi dan Ormit serta unsur pemilik. Harapannya bisa mentransfer ilmu di wilayahnya masing-masing,” ucap Syamsu, Kasi Kurikulum dan GTK Paudikmas Disdik Kota Bekasi.

Lihat juga...