Pesmol Ikan Kembung Kaya Protein 

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Pesmol ikan kembung bisa menjadi pilihan keluarga di akhir pekan. Ramuan ragam bumbu rempahnya meletupkan rasa gurih, asam, manis dan pedas menggugah selera makan penikmatnya.

Djuwarsih, warga jalan Mandala, Jakarta Timur, memasak pesmol ikan kembung untuk keluarganya. Menurutnya, ikan kembung adalah salah satu jenis ikan yang paling sering dikonsumsi keluarganya. Harganya relatif murah dan tekstur dagingnya empuk, hingga terasa enak digunakan dalam berbagai olahan masakan tradisional.

“Pesmol ikan kembung ini menu yang populer di wilayah Sunda, Jawa Barat. Kuah pesmol ini berwarna kekuningan mirip kuah acar. Tapi, rasa pesmol ikan kembung lebih lezat paduan gurih, asam, manis dan pedas,” ujar Juju, demikian panggilan Djuwarsih kepada Cendana News, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (9/10/2021).

Djuwarsih dan Aini memegang pesmol ikan kembung yang dimasak di rumahnya, di jalan Mandala, Kelurahan Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (9/10/2021). -Foto: Sri Sugiarti

Dia menyebut, ciri khas masyarakat Jawa Barat memasak pesmol ini biasanya menggunakan ikan emas. Namun, dirinya mengaku lebih suka memakai ikan kembung yang mengandung protein dan omega 3.

“Konsumsi makanan bergizi seperti ikan kembung ini sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19,” imbuh perempuan kelahiran Jakarta 52 tahun ini.

Proses memasak pesmol ikan kembung sangat mudah. Pertama, kata Juju, pilih ikan kembung segar, lalu bersihkan dan cuci dengan air mengalir. Kemudian tiriskan dan lumuri dengan air jeruk nipis, garam dan merica, diamkan selama 15 menit agar meresap. Selanjutnya goreng di wajan dengan api kecil.

Untuk bumbunya, haluskan ragam bumbu rempah, di antaranya bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas muda dan serai.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, daun salam dan daun jeruk dan hingga bumbu matang beraroma wangi. Masukkan tomat hingga layu. Kemudian tambahkan sedikit air, garam, gula putih dan penyedap, biarkan mendidih.

Selanjutnya, masukkan ikan kembung yang telah digoreng, cabai rawit merah utuh dan masak hingga kuah bumbu meresap ke dalam daging ikannya.

Koreksi rasa, dan masukkan daun bawang biarkan sebentar, lalu angkat dan sajikan untuk santapan makan keluarga.

“Tekstur daging ikan kembungnya lembut, kaya protein dan omega 3 sangat menyehatkan tubuh. Cucu dan menantu saya suka sekali pesmol ikan kembung ini,” ujar nenek tiga cucu ini.

Aini Nur Safitri (10), cucu pertama dari Juju mengaku sangat menyukai pesmol ikan kembung buatan neneknya. “Rasa pedas dan gurih, ini Aini sampai nambah makannya .Nenek Juju kalau masak ikan kembung memang mantap,” ujar Aini.

Lihat juga...