Pindang Patin Pagaralam di Kebon Nanas Tangerang, Rasanya Maknyus

Editor: Makmun Hidayat

TANGERANG — Pindang adalah salah satu masakan khas  Sumatera Selatan. Tapi kudapan satu ini juga dikenal di Jambi, Bengkulu dan Lampung,  dengan ciri khas yang tak jauh berbeda dengan berbagai jenis ikan air tawar tentunya.

Tapi bagi pencinta kuliner pindang untuk menikmatinya tak perlu harus di Sumatera, terutama bagi warga Kota Tangerang, Banten khususnya. Ada warung pindang patin maknyus dengan nama Pindang Patin Pagaralam dengan cita rasa khas.

“Cukup datang ke kedai Pindang Pagaralam di Kebon Nanas, Kota Tangerang. Bagi warga asal Sumatera bagian selatan, ingin menikmati makan kampung,” kata Ocang, warga asal Sumatera kepada Cendana News merekomendasi, Sabtu (30/10/2021).

Kedai pindang paten tersebut, berada tepat di jalan besar, tak jauh dari jembatan penyeberangan Kebon Nanas. Tapi lahan parkir terbatas, dan tak sedikit yang mampir menggunakan kendaraan roda empat untuk menikmati pindang patin khas Pagaralam.

Ocang, saat berada di Kedai Pindang Patin Pagaralam, Kebon Nanas, Kota Tangerang, Sabtu (30/10/2021). -Foto: M. Amin

Menurut Ocang, rasanya otentik dan khas sehingga Pindang Pagaralam tak sedikit yang mampir ketika melintas di Jalan MH Thamrin, Kebon Nanas. Selain pindang, juga tersedia kudapan khas Sumatera Selatan seperti pempek, sambal tempoyak serta aneka kerupuk ikan.

“Rasanya khas, dan segar bisa membangkitkan selera makan. Tapi tentu bagi penyuka pindang, tempatnya pun enak suasana di kampung. Selain pindang sambal dan lalapan juga menambah selera makan,” tukas Ocang.

Ada juga kopi Lanang khas Sumatera Selatan dan kudapan khas lainnya yang tersedia untuk oleh-oleh seperti srikaya sebagai makanan pembuka atau kue khas Palembang.

“Pindang Patin Pagaralam ini memiliki beberapa tempat di Tangerang. Banyak yang sudah ke sini dan balik lagi untuk menikmati berbagai hidangannya,” ujar pemilik Pindang Patin Pagaralam.

Pindang Patin Pagaralam memiliki kekhasan sendiri pada bumbu pindang yang khas yang memang jadi resep utamanya. Sering juga disebut pindang kemangi, karena rasa rempah yang begitu kental.

“Resepnya tentu sama dengan pindang umumnya, ditambah sambal buah dan lalapan seperti jengkol muda, petai sesuai selera. Tapi kebanyakan minta jengkol muda dan lalapan kemangi, terkadang pindangnya diberi nanas agar menambah rasa,” ujarnya.

Lihat juga...