PON Papua Titik Awal Pembentukan Timnas Selam Kolam SEA Games Vietnam

Sejumlah atlet selam kolam meloncat ke dalam air saat pertandingan pada final Selam Kolam nomor 800 meter Surface Putra PON Papua di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021) - foto Ant

JAYAPURA – Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI), menjadikan PON Papua sebagai titik awal pembentukan Tim Nasional (timnas) selam kolam untuk SEA Games Hanoi, Vietnam.

“PB POSSI melihat PON Papua adalah ajang yang sangat dinantikan dan menjadi awal untuk menyusun dan mempersiapkan tim SEA Games,” kata Sekretaris Jenderal PB POSSI, Mirza Muttaqien, di Jayapura, Kamis (7/10/2021).

Setelah PON Papua berakhir, PB POSSI bakal menggelar Seleksi Nasional (Seleknas) dan kejuaraan lainnya. Tujuannya, tak lepas dari persiapan menghadapi berbagai ajang besar termasuk SEA Games Hanoi, Vietnam. “Meski jadwal SEA Games Hanoi belum pasti, tetapi kami harus mempersiapkan diri,” tandas Mirza.

Mirza mengungkapkan, banyak atlet potensial yang tampil dalam gelaran PON Papua. Menurutnya, pesta olahraga terbesar di Tanah Air tersebut adalah ajang paling dinantikan setelah atlet lama tak bersaing satu sama lain. “Ini adalah perlombaan yang dinantikan karena sebelumnya tidak ada lomba regional Asia. Semuanya tertunda karena pandemi. Jadi mereka begitu bersemangat,” ujarnya.

Perlombaan selam kolam yang bergulir di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, telah selesai bergulir pada Kamis (7/10/2021). Jawa Timur mendominasi dengan meraih 12 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. Sementara itu, DKI Jakarta berada di urutan kedua dalam perolehan medali dengan 5 emas, 4 perak, dan 3 perunggu. (Ant)

Lihat juga...