Sabtu Petang Jalur Puncak-Cianjur Sepi Kendaraan

CIANJUR – Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, hingga Sabtu petang masih sepi dari kendaraan, tidak terlihat antrean di titik rawan macet, termasuk di pertigaan menuju tempat wisata.

Pantauan hingga petang tidak terlihat antrean kendaraan yang cukup berarti di sepanjang jalur Puncak-Cianjur. Pengendara bernopol ganjil dari luar kota dapat melajukan kendaraan dengan kecepatan normal untuk sampai ke tujuan, seperti tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas atau menuju pusat kota Cianjur.

Namun, sebaliknya kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor, menjelang sore mulai tersendat, antrean kendaraan mulai terlihat di kawasan Puncak Pass. Petugas yang disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya macet total sempat melakukan beberapa kali rekayasa arus, termasuk menerapkan sistem satu arah selama beberapa puluh menit.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom, saat dihubungi mengatakan, hingga saat ini penerapan ganjil genap masih efektif menekan mobilitas kendaraan di sepanjang jalur Puncak-Cianjur, sehingga tidak terlihat macet total selama beberapa pekan terakhir. Namun menjelang sore setiap akhir pekan, antrean kendaraan akan terlihat menuju Bogor.

“Untuk mengantisipasi, tetap kita lakukan rekayasa arus termasuk sistem satu arah, karena ini satu-satunya cara memecah antrean satu arah menuju Bogor. Penerapan sistem satu arah sifatnya situasional berkoordinasi dengan Polres Bogor, ” katanya, Sabtu (23/10/2021).

Untuk akhir pekan ini, ungkap dia, jalur Puncak-Cianjur, masih sepi, tidak terlihat peningkatan volume kendaraan yang cukup tinggi. Bahkan sejak pagi hingga sore, tidak terlihat antrean yang cukup berarti, hanya imbas dari antrean menuju Bogor sudah sampai perbatasan Bogor-Cianjur, tepatnya di kawasan Puncak Pass.

“Kalau terus memanjang, kita akan berlakukan sistem satu arah menuju Bogor agar tidak terjadi macet total, berkoordinasi dengan Polres Bogor. Sepanjang akhir pekan, kita tetap siagakan puluhan anggota lantas di Jalur Puncak-Cianjur,” katanya. (Ant)

Lihat juga...