SDN Sukun di Sikka Bakal Batal Ikut ANBK, Ini Penyebabnya

Editor: Makmun Hidayat

MAUMERE — Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukun, Pulau Sukun, Desa Semparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) terpaksa batal mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan berlangsung di SMKN 1 Maumere.

“Kemungkinan besar SDN Sukun tidak bisa mengikuti ANBK di SMKN1 Maumere karena kondisi gelombang laut yang tinggi,” kata Kepala SDN Sukun, Jahading saat ditemui di SMKN 1 Maumere, Kamis (7/10/2021).

Jahading mengakui, untuk membawa 23 siswa SMP Satap Sukun saja pihaknya mengalami kesulitan dan penuh risiko dan bahaya sebab harus melintasi laut selama 5 jam.

Kepala Sekolah SDN Sukun, Jahading, saat ditemui di SMKN 1 Maumere, Kamis (7/10/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Dirinya tidak berani mengambil risiko mengingat anak SD kelas V yang akan mengikuti ANBK dijadwalkan berlangsung bulan November 2021 tersebut sebanyak 35 orang.

“Selain penuh risiko melintasi laut menggunakan perahu nelayan selama 5 jam, kondisi angin kencang dan gelombang tinggi membuat kami khawatir. Kami juga tidak memiliki biaya transportasi dan lainnya selama di Maumere,” ujarnya.

Jahading mengatakan telah melakukan komunikasi dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka mengenai kondisi ini dan kemungkinan besar sekolahnya dibatalkan.

Lanjutnya, sekolah yang didirikan sejak tahun 1962 tersebut tidak memiliki jaringan internet dan listrik serta tidak ada komputer. Ia memaparkan, sekolah tersebut hanya memiliki 2 guru berstatus ASN sementara 7 guru lainnya merupakan guru honor komite.

“Kondisinya sudah saya sampaikan ke Dinas PKO Sikka. Kami tidak bisa mengikuti ANBK karena risikonya terlalu besar apalagi tidak ada kapal penumpang yang singgah di Pulau Sukun,” ungkapnya.

Pulau Sukun, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, merupakan salah satu pulau terluar saat dikunjungi, Kamis (14/4/2016). -Foto: Ebed de Rosary

Jahading mengungkapkan, Pulau Sukun tempat sekolahnya berada hanya terdiri atas satu desa saja yakni Desa Semparong dan merupakan pulau terluar yang berdekatan dengan Pulau Sulawesi.

Sementara itu, Sekertaris Dinas PKO Kabupaten Sikka, Marthen Luther Adji mengatakan, pihaknya akan mengkaji adanya sekolah-sekolah yang tidak bisa mengikuti ANBK.

Marthen menyebutkan, dengan kondisi laut yang sedang bergelombang besar maka kemungkinan besar siswa dari SDN Sukun tidak bisa mengikuti kegiatan ANBK di Kota Maumere.

“Kita akan buat kajian dan melaporkannya ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai sekolah-sekolah yang tidak bisa mengikuti ANBK karena berbagai kendala yang dihadapi,” ucapnya.

Lihat juga...