Sektor Pariwisata di Kabupaten Bandung Mulai Kembali Bangkit

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Setelah sekian lama mengalami pukulan akibat dampak pandemi Covid-19, sektor pariwisata di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kini perlahan mulai bangkit dan para pelaku usaha kembali bergairah.

Firman Farullah, salah seorang pemilik wahana bermain anak di tempat wisata Villa Kaca Arjasari, mengatakan, saat ini para pengusaha tidak lagi dipersulit untuk berusaha, seiring dengan semakin menurunnya angka kasus Covid-19.

“Masyarakat juga sudah semakin ramai yang datang ke Villa Kaca Arjasari, suasananya seperti normal lagi, dan penghasilan kita pun makin membaik,” kata Firman saat ditemui Cendana News, Minggu (31/10/2021).

Menurut Firman, situasi saat ini merupakan momentum yang sangat dinantikan oleh para pelaku usaha wahana bermain anak seperti dirinya. Pasalnya, selama pandemi mereka sama sekali tidak bisa berusaha, mengingat keramaian tidak diperbolehkan.

“Hampir satu tahun ini kita tidak bisa usaha. Tempat-tempat keramaian dilarang, belum lagi usaha yang lain juga susah. Jadi corona betul-betul bikin kita terpuruk,” tandas Firman.

Sebagaimana pengusaha wahana bermain anak lainnya, Firman berharap pandemi dapat terus terkendali, sehingga berbagai pembatasan kegiatan masyarakat tidak lagi diterapkan oleh pemerintah.

“Semoga tidak ada lagi PPKM, PSBB dan sebagainya. Jujur pengusaha kecil kaya kita yang hanya menggantungkan penghasilan dari keramaian, tidak akan bisa bertahan lama di keadaan seperti awal corona,” papar Firman.

Pelonggaran kegiatan masyarakat tidak saja disambut gembira oleh para pelaku usaha, tapi juga oleh masyarakat secara umum. Ningsih Adriana, warga Desa Patrolsari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung misalnya. Ia mengatakan, saat ini tidak susah lagi berlibur.

“Kalau hari Minggu kita pastinya ingin liburan, ajak anak-anak main. Nah, untungnya sekarang Villa Kaca Arjasari sudah normal, jadi tidak perlu jauh-jauh kalau mau liburan,” ucap Ningsih.

Selain itu, Ningsih menyebut, banyaknya pilihan wahana bermain anak di tempat tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berlibur ke Villa Kaca Arjasari.

“Buat kita (orangtua) yang penting anak-anak senang. Dan anak-anak itu kan yang penting banyak permainan, sudah cukup buat liburan,” pungkas Ningsih.

Lihat juga...