Sensasi Pedas Manis Tumis Kentang Teri Cabai Hijau

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Rasa pedas, manis dan segar, itulah sensasi rasa yang dapat dinikmati saat menyantap tumis kentang teri cabai hijau. Kuliner rumahan praktis yang disukai warga Jakarta. 

Salah satunya, Risna Dewi mengatakan, cara mengolah tumis kentang teri cabai hijau ini sangat mudah, dan bahannya pun bisa di beli di warung sayuran dekat rumah.

“Bahan utamanya kentang dan teri jengki. Dimasak dengan bumbu rempah, yaitu cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih,”  ujar Risna, kepada Cendana News ditemui di rumahnya di Jalan Krida Mandala II, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (30/10/2021).

Meski pun namanya tumis, tapi kata Risna, semua bumbu rempah itu diuleg atau bisa juga diblender. Hanya saja, cabai hijau diulegnya jangan terlalu halus.

Risna Dewi memperlihatkan tumis kentang teri cabai hijau yang dimasak di rumahnya, Sabtu (30/10/2021). -Foto: Sri Sugiarti

Selanjutnya, kupas kulit kentang dan potong dadu. Lalu cuci dan tiriskan, untuk kemudian digoreng hingga setengah kering.

Begitu juga dengan teri jengkinya, terlebih dulu dicuci sebelum digoreng. Ini bertujuan untuk menghilangkan rasanya tidak terlalu asin dan lebih renyah teksturnya.

Proses selanjutnya,  tumis bumbu rempah di dalam wajan di atas kompor dengan api kecil. Aduk hingga rata sampai mengeluarkan aroma sedap.

“Masukkan kentang dan teri jengki goreng ke dalam bumbu tersebut, dan beri gula putih, garam dan penyedap rasa serta daun jeruk. Lalu aduk merata lagi secara pelan, agar kentang dan teri jengki berpadu bumbu rempah itu,” ujar perempuan kelahiran Jakarta 32 tahun ini.

Selanjutnya, kata Risna, tes rasanya. Jika cita rasa pedas, manis dan segar sudah terasa di lidah, lalu angkat tumis kentang teri cabai hijau ini dan tuangkan dalam piring untuk dinikmati bersama keluarga.

“Bisa juga ditambahkan irisan petai, terasa lebih enak. Pedas, manis dan segara sangat kental terasa saat menyantap tumis kentang teri cabai hijau ini,” ujar  perempuan tiga anak ini.

Ridznam  (35), suami Risna mengatakan, tumis kentang teri cabai hijau merupakan makanan favoritnya. Bahkan ia menyebut, saat kuliner ini tersaji di meja makan, maka nafsu makannya akan meningkat seketika itu.

“Nasi putih hangat dipadukan tumis kentang teri cabai hijau yang hangat pula, disantap sangat nikmat buat saya. Tidak perlu ada tambahan lauk lainnya. Kuliner ini sudah cukup menambah selera makan saya,” ujar Ridznam.

Lihat juga...