Sepak Bola Putra PON Papua, Tuan Rumah di Ambang Enam Besar

Pesepak bola Jawa Barat, Yoga Adiyatama (atas), terjatuh saat berebut bola dengan pesepak bola NTT, Flabiola Soares (kiri), pada pertandingan penyisihan Sepak Bola putra PON Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021) - Foto Ant
JAYAPURA – Tim sepak bola putra tuan rumah Papua, berada di ambang melangkah ke babak enam besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, saat melakoni pertandingan penyisihan grup yang berlangsung Jumat  (1/10/2021) sore ini.
Papua, akan menghadapi Maluku Utara di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat, mulai pukul 15.00 WIT. Kendati sama-sama memasuki laga berbekalkan kemenangan dalam pertandingan pertama masing-masing, Papua mempunyai  keuntungan masa istirahat lebih panjang, karena terakhir bermain Senin (26/9/2021), sedangkan Maluku Utara sehari sebelumnya.

Hal itu pula yang diharapkan pelatih kepala sepak bola putra Papua, Eduard Ivakdalam, bisa dimanfaatkan oleh pemain-pemainnya saat menghadapi Maluku Utara. “Kami ada waktu tiga hari, sedikit lebih panjang kesempatan untuk pemulihan kondisi dibandingkan Malut. Itu harus bisa kami manfaatkan kelebihan satu hari,” kata Eduard,Kamis (30/9/2021) malam.

Eduard juga mengatakan, timnya bakal memperlakukan laga  melawan Maluku Utara laiknya partai final, sebagaimana sudah disepakatinya bersama para pemain, untuk setiap pertandingan yang dimainkan dalam PON Papua.  Melawan Papua, Maluku Utara juga tidak akan membiarkan tuan rumah melenggang mulus, mengingat mereka juga berpeluang lolos ke babak enam besar, apabila menang di Stadion Mandala.
Dua tempat lain pada babak enam besar juga bisa dipastikan oleh dua tim lain yang bertanding Jumat (1/10/2021) sore ini. Jawa Timur juga bisa memastikan lolos ke babak enam besar dan status juara Grup B apabila bisa membukukan kemenangan saat menghadapi Jawa Tengah di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura.

Jawa Timur membawa bekal positif kemenangan telak 3-0 atas Sulawesi Selatan dalam pertandingan pertama. Sementara Jawa Tengah imbang 1-1 menghadapi Sumatera Utara. Kedua tim saat ini berada di bawah Sumatera Utara yang mengumpulkan empat poin di puncak klasemen sementara Grup B, setelah mengalahkan Sulawesi Selatan pada laga yang digelar Kamis (29/9/2021) lalu.

Bila Jawa Tengah menjungkalkan Jawa Timur, maka persaingan dua slot enam besar dari Grup B bakal semakin memanas. Sementara itu di Grup C, Sulawesi Utara akan berhadapan dengan Kalimantan Timur di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura. Sebagaimana Papua dan Jatim, Sulawesi Utara berpeluang mengunci satu tempat babak enam besar, sekaligus status juara grup apabila mengalahkan Kalimantan Timur. Ini karena Sulawesi Utara sudah mengalahkan Aceh dalam pertandingan pertama. Dan bila skenario terbaik yang maka skuad asuhan Rudi Manumpil bakal melenggang. (Ant)

Jadwal Pertandingan Lanjutan Penyisihan Grup Sepak Bola Putra PON Papua
Jumat (1/10/2021) dalam WIT:

15.00 (A) Maluku Utara vs Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura
15.00 (B) Jawa Tengah vs Jawa Timur di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura
15.00 (C) Sulawesi Utara vs Kalimantan Timur di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura

Lihat juga...