Serabut Kelapa, Media Tanam Alternatif Lahan Perkotaan di Bandar Lampung

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Keterbatasan lahan kerap jadi penghambat kegiatan bercocok tanam pada lahan perkotaan. Penggunaan serabut kelapa utuh dan dalam olahan jadi media tanam alternatif untuk kegiatan menanam bunga, tanaman buah, sayuran.

Hasnah, salah satu pengelola taman Umbul Helau di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung menyebut serabut kelapa jadi pilihan. Pengaplikasian media tanam serabut kelapa sebutnya jadi salah satu kearifan lokal petani.

Ia menyebut kendala kurangnya tanah bisa dilakukan dengan menyusun serabut kelapa, memberi tambahan pupuk dan tanah. Media tanam berbahan utama serabut kelapa bisa dimanfaatkan untuk menanam anggrek, binahong, melati hingga tanaman merambat jenis bunga telang.

Alternatif pemakaian serabut kelapa yang telah diolah sebut Hasnah dengan memakai bagian serat. Pemisahan kulit serabut kelapa akan menghasilkan serat untuk proses pemakaian media tanam. Serat serabut kelapa sebutnya bisa direndam memakai pupuk Urea, NPK hingga pupuk kompos cair. Selanjutnya serbuk kelapa bisa disusun di atas pot, langsung pada pekarangan untuk menanam bunga.

“Semua jenis tanaman bunga dengan perakaran membutuhkan air bisa dibudidayakan memakai media tanam serabut kelapa, saat serabut telah membusuk bercampur tanah bisa sekaligus menjadi pupuk organik penyubur tanaman,” terang Hasnah saat ditemui Cendana News, Senin (11/10/2021).

Media tanam dan pupuk memakai sekam, cocopet, kompos dimanfaatkan oleh Hasnah di Umbul Helau, Kemiling, Bandar Lampung, Senin (11/10/2021). -Foto Henk Widi

Hasnah bilang penggunaan media tanam serabut kelapa diakuinya bisa dimodifikasi. Ia memakai serabut kelapa bersama dengan komposisi media tanam lain berupa serbuk kayu gergaji, serat pohon aren, sekam padi serta pupuk kandang. Penanaman bunga celosia, bunga anggrek tanah, binahong dan aster sebutnya semakin subur. Penyusunan serabut kelapa dan media tanam lain juga berfungsi untuk mencegah longsor tanah.

Tingkat kesuburan tanah dengan media tanam serabut kelapa sebut Hasnah akan meningkat. Bahan yang digunakan berupa serbuk serabut kelapa atau dikenal cocopeat. Media tanam itu digunakan sebagai taburan pada permukaan tanah yang telah disiapkan. Lapisan tanah akan disusun berupa sekam padi, cocopeat, tanah subur dan pupuk kandang.

“Masa tanaman bunga celosia hanya sekitar tiga bulan sehingga perlu nutrisi tanah untuk pertumbuhan maksimal,” ulasnya.

Pemakaian media tanam serabut kelapa dilakukan oleh Bude Emi. Pemilik usaha pembibitan bunga atau nursery di Teluk Betung, Bandar Lampung memakai serabut kelapa untuk sejumlah tanaman. Ia mengaku memakai serabut kelapa yang telah diolah seperti tambang dalam gulungan. Gulungan serabut kelapa selanjutnya dirangkai dalam batang kayu berukuran satu meter.

Fungsi serabut kelapa yang dirangkai dalam batang kayu ungkapnya bisa menjadi rambatan. Bunga janda bolong, anturium, binahong, telang hingga anggrek akan lebih subur. Sebagian tanaman bunga dengan akar napas, akar sulur menempel pada media serabut kelapa. Penggunaan rangkaian serabut kelapa sebutnya sangat berguna untuk meningkatkan nutrisi pada bagian akar.

“Proses penggunaan serabut kelapa yang diberi air dengan nutrisi pupuk akan menyuburkan tanaman,” ulas Bude Emi.

Unsur cocopeat atau serbuk serabut kelapa diakuinya bisa dipakai bersama tanah, pupuk kompos. Pada penggunaan media tanam memakai pot plastik, pot tanah liat, cocopeat akan menyerap air. Penggunaan produk turunan serabut kelapa itu memungkinkan tanaman selalu mendapat pasokan air. Selain menghemat tanah, cocopeat bisa menjadi pupuk organik.

Pemakaian serabut kelapa untuk media tanam diterapkan oleh Stevani. Warga Bumi Waras, Bandar Lampung itu memakai serabut kelapa untuk penanaman vertikal, sistem tempel dan permukaan tanah. Sistem vertikal dilakukan pada budidaya anggrek yang disusun pada pot khusus. Jenis tanaman janda bolong, anggrek tanah memiliki tingkat kesuburan tinggi memakai serabut kelapa.

Saat menanam anggrek bulan, anggrek kalajengking, Stevani memakai serabut kelapa. Serabut kelapa diberi isian sekam, arang kayu, arang batok kelapa. Setelah dirangkai dengan kawat ia menambahkan tanah lalu ditanami bibit anggrek. Pemakaian serabut kelapa untuk media tanam anggrek sebutnya cukup efektif. Sebab tanaman itu bisa ditempelkan pada dinding, digantung untuk menghemat lahan penanaman.

Lihat juga...