Singkong Goreng Bertabur Keju, Kudapan Teman Ngopi yang Lezat

Editor: Maha Deva

Singkong goreng keju susu, buatan Sri Mulyani siap disantap bersama keluarga di rumahnya di Jalan Pandan Alas, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (30/10/2021). Sri Sugiarti.

JAKARTA – Olahan berbahan singkong, bisa menjadi varian kudapan yang lezat. Salah satunya, singkong goreng keju susu, yang sangat cocok menjadi teman ngopi atau ngeteh di akhir pekan.

Sri Mulyani (35), seorang ibu rumah tangga warga Jakarta mengatakan, membuat singkong goreng keju susu, melalui beberapa tahapan. Pertama, singkong dibersihkan dulu dengan mengupas kulitnya. Kemudian dicuci, dan potong-potong dengan panjang kisaran 7 senti meter. Potongan singkong kemudian dimasukkan kedalam panic, untuk direbus sekitar 15 menit hingga matang merekah.

“Saat direbus, singkong dibumbui dengan bawang putih halus dan garam, serta beri daun salam. Setelah singkong matang dalam kondisi merekah, angkat dan tiriskan,” ujar Elin, demikian panggilannya, kepada Cendana News di rumahnya di Jalan Pandan Alas, Jakarta Timur, Sabtu (30/10/2021).

Sri Mulyani memperlihatkan singkong goreng keju susu yang dibuat di  rumahnya di Jalan Pandan Alas, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (30/10/2021). Sri Sugiarti.

Selanjutnya, goreng singkong  dengan kondisi minyak goreng yang panas dengan wajan di atas kompor api kecil. Setelah singkong berwarna coklat merekah, angkat, tiriskan minyaknya. “Nah, singkong  masih panas olesi dengan mentega, taburi dengan keju parut dan susu putih kental. Sajikan di piring  siap disantap,” ujar ibu satu anak tersebut.

Agar kelezatan singkong terjamin kualitas teksturnya yang lembut. Maka, pilihlah jenis singkong roti.  “Hasil rekahan singkongnya jauh lebih lembut, dibanding dengan menggunakan singkong biasa,” jelasnya.

Menurutnya, singkong goreng keju susu ini bisa dimakan kapan-pun. Apalagi, dalam kondisi musim penghujan seperti sekarang ini, kudapan sederhana ini bisa menjadi teman ngopi. “Saat musim hujan sekarang ini, singkong goreng keju susu, cocok jadi teman ngopi atau ngeteh. Teman ngopi sore dan malam juga menambah kenikmatan. Coba saja, anak saya saja kerap minta dibuatkan kudapan ini,” ungkapnya.

Aini (10), anak dari Elin mengaku, kerap meminta ibunya untuk membuat olahan singkong goreng keju ini. “Enak sih, goreng singkong buatan bunda, ditaburin keju parut dan susu putih, rasanya gurih bikin saya ketagihan,” ujar siswi kelas 4 SD tersebut.

Waktu sebelum pandemi COVID-19 dan sekolah masih dilakukan secara tatap muka. Aini mengaku kerap membawa singkong goreng keju susu ke sekolah untuk bekal. Terkadang teman-temannya juga ikutan mencicipi kudapan tersebut. “Saat sekolah normal, suka bawa untuk bekal. Tapi pas sekolahnya PJJ, ya camilan singkong goreng keju susu dimakan sama ayah dan nenek di rumah. Kangen sih pengen makannya bareng teman-teman,” pungkas Aini.

Lihat juga...