SMKN 6 Malang Tumbuhkan Jiwa ‘Entrepreneurship’ Lewat Kopi Vokasi

Editor: Makmun Hidayat

MALANG — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Malang terus memacu para siswanya dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship, salah satunya melalui Warung Kopi Vokasi. Berlokasi di depan gerbang masuk SMKN 6 Malang, Warung Kopi Vokasi ini menawarkan sejumlah menu minuman dan aneka jenis lalapan. 

Kepala sekolah SMKN 6 Malang, Drs. Sidik Priyono mengatakan, Warung Kopi Vokasi sengaja dihadirkan untuk mewadahi para siswa yang tertarik dengan dunia wirausaha.

“Jadi memang tidak semua siswa harus terjun kesana. Kita ajak siswa yang benar-benar berminat dengan wirausaha, khususnya kuliner. Selain itu siswa yang belum mendapatkan tempat PKL, biasanya kita terjunkan juga mereka ke warung vokasi,” jelasnya.

Menurut Sidik, bukan hanya warung vokasi, ada juga kegiatan usaha lainnya yang mendukung unit produksi yang ada di SMKN 6 Malang, misalnya cuci motor, bordir dan sablon. Karena memang di sekolah ini ada mesin-mesin yang mendukung ke arah sana.

Kepala sekolah SMKN 6 Malang, Drs. Sidik Priyono bersama Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, saat ditemui di Warung Kopi Vokasi, Rabu (6/10/2021). -Foto: Agus Nurchaliq

Kemudian hasil dari usaha-usaha tersebut nantinya akan tetap digunakan untuk pengembangan usaha. “Hasilnya tidak untuk dimiliki sendiri tapi untuk pengembangan usaha di SMKN 6. Jadi kalau bisa modal yang kita berikan di awal ini tidak semakin habis tapi bisa semakin bertambah agar usahanya bisa tetap berjalan,” tuturnya.

Sidik berharap, dengan adanya unit-unit usaha tersebut diharapkan para alumni SMK 6 tidak hanya siap untuk bekerja atau melanjutkan sekolah, tetapi juga mampu berwirausaha. “Jadi kalau nanti setelah lulus dari sekolah belum mendapatkan pekerjaan, mereka bisa berwirausaha,” ucapnya.

Lebih lanjut, penggagas warung kopi vokasi sekaligus pembimbing teknis PKL SMKN 6 Malang, Sulaiman Sulang, S.S., menyebutkan, jika diawal warung Kopi Vokasi hanya menyajikan menu minuman dan mie instan, sekarang sudah ditambah dengan aneka lalapan.

“Ada lalapan ayam, lele, bebek, puyuh, ikan, dan aneka minuman hangat,” sebutnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, mengaku sangat mengapresiasi upaya SMKN 6 dalam menguatkan keterampilan siswa dengan mendirikan kopi vokasi.

“Saya kira ini merupakan kegiatan yang positif karena banyak manfaatnya bagi anak-anak maupun para guru untuk melatih siswanya dalam berwirausaha,” ujarnya saat mengunjungi warung yang dikelola oleh para siswa SMKN 6 ini.

Ia menilai, berbagai kegiatan usaha di SMKN 6  bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya. Dengan catatan harus juga disesuaikan dengan keunggulan dan kemampuan dari masing-masing sekolah.

“Saya kira disaat pandemi dengan kegiatan semacam ini kita tidak akan banyak kehilangan waktu, tetapi justru bisa mengoptimalkan potensi dari para siswa,” pungkasnya.

Lihat juga...