Sumsel Borong Emas dan Perak Anggar Sabre Perorangan Putra

Atlet anggar putra Sumsel, Ricky Dhisulimah (kiri), bersama atlet anggar putra Sumsel lainnya, M Irfandi (kanan), melakukan selebrasi usai bertanding pada final Anggar kategori Sabel Individual Putra PON Papua di Kompleks Gereja ST Yoseph, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (4/10/2021) - foto Ant

PALEMBANG – Kontingen Sumatera Selatan (Sumsel), memborong medali emas dan perak nomor sabre perorangan putra, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dua atlet andalan Sumsel, Ricky Dhisullimah dan Irfan Nurkamil, sukses membawa pulang kedua medali tersebut. Kedua atlet tersebut bertemu pada partai puncak, pada laga yang digelar di Aula Serbaguna Gereja St Yoseph, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (4/10/2021).

Ricky, sebelumnya mengalahkan Angga Maulana (Jawa Tengah) dengan skor 15-6. Sementara, Irfan Nurkamil, mengalahkan Iqbal Jailani (Jawa Barat) juga dengan skor juga 15-6, pada laga semifinal. Kemenangan ini menjadi sangat berarti bagi Sumsel, karena mengulang kesuksesan pada PON XVIII di Pekan Baru, Riau, di 2012 silam. Ketika itu, Sumsel meloloskan dua atletnya, Rully Mauliadhani dan Hendri Eko Budianto ke final.

Bagi Ricky, kemenangan tersebut seakan menjawab penantiannya untuk meraih medali emas PON, karena dirinya yang diharapkan meraih emas pada PON XIX Jabar tahun 2016 lalu terhenti di final, karena dikalahkan atlet tuan rumah Idon Jaya Wiguna. “Saya sangat bersyukur sekali, akhirnya bisa dapat medali emas PON. Dari mulai bertanding hari ini, saya berusaha tenang dan tidak ada beban saja,” kata atlet nasional berusia 26 tahun tersebut.

Rasa sukacita juga diungkapkan, Irfan Nurkamil (21), karena pada debut pertamanya di PON, bisa meraih medali perak di nomor perorangan. “Ini seakan menjadi berkah buat saya, bisa ikut berprestasi seperti senior. Awalnya saya sempat gugup, karena baru pertama kali, tapi saya berusaha enjoy, apalagi selalu didampingi pelatih,” kata Irfan.

Pelatih anggar Sumsel, Rully Mauliadhani mengatakan, sedari awal timnya menargetkan medali emas pada nomor sabre perorangan putra ini. Nomor ini sejak PON XVI tahun 2004 sudah menjadi andalan Sumsel, baik untuk perorangan dan beregu.

Sejak itu, Sumsel selalu berhasil mempertahankan tradisi meraih medali emas nomor beregu sabre putra. “Memang selalu ada kepercayaan diri dari Sumsel untuk nomor sabre putra, lebih bersyukur lagi kami dapat bonus hari ini bisa all Sumsel final. Untuk nomor beregu, kami berharap bisa mempertahankan tradisi,” kata Rully. (Ant)

Lihat juga...