Tas Batik Produk Tambun Selatan Makin Diminati

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Tampil kekinian dengan menarik sekarang menjadi kebutuhan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya baju atau perhiasan mahal, tapi juga tas yang biasa digunakan saat bepergian pun tak luput dari perhatian, harus mengikuti tren atau istilah lainnya fashionable.

Hal itu menjadi alasan ibu rumah tangga di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memproduksi tas batik dengan kombinasi kulit sintetis, plastik dan lainnya, dengan empat pilihan kostum, batik Nusantara, fashionable, genuine leather dengan brand Celly Shop tas Home Made.

“Tas Batik yang kami produksi ini kemarin membawa Bekasi juara ke dua dalam ajang Bazar PKK tingkat Jawa Barat, bersama 9 produk UP2K lainnya. Sebuah tas batik motif khas Bekasi, agar bisa tampil kekinian,” ungkap Rolasta Armi Sianturi, ibu rumah tangga pelaku UMKM Tas Batik di Tambun Selatan, kepada Cendana News, Selasa (5/10/2021).

Diakui Armi, dalam produk tas batik tidak sendiri, tetapi bersama dua ibu rumah tangga lainnya. Mereka mendesain, membuat pola, memilih bahan dan memasarkan. Tapi untuk produksi, diserahkan langsung ke perajin untuk dikerjakan.

Meski demikian, perajin diakuinya telah memiliki pengalaman khusus dalam pembuatan tas. Setelah finishing akan dicek lagi untuk memastikan kualitas dari bahan yang telah diproduksi. Sehingga sebelum dibawa ke tempat workshop atau dipasarkan melalui online, kualitas sudah terjaga.

“Kami kan garansi seumur hidup, jadi kualitas jadi perhatian khusus. Agar tidak ada komplain, sampai sekarang semua konsumen belum ada komplain,” ungkap Armi.

Untuk harga, jelasnya, dimulai dari Rp500 ribu, harga tersebut dikatakan lebih murah jika dibandingkan dengan produk bahan yang sama di pasaran. Harga juga tergantung kualitas dan campuran bahan, ada yang mencapai Rp1,5 juta.

Diakuinya, sebelum pandemi omzet produk tas brand  Celly Shop bisa mencapai Rp60an juta per bulan. Tapi selama pandemi, turun drastis, laku sepuluh pun sudah bersyukur, saat ini ia berharap kondisi terus membaik agar pelaku UMKM tetap eksis.

“Celly Shop bisa order tas sesuai kostum, dari model dan bahan yang diinginkan kostumer. Sehingga banyak produk kami yang dipakai ibu pejabat, polisi dan lainnya,”papar Armi.

Irwanto, Pembina UMKM Tambun Selatan, mengakui tas batik Celly Shop adalah produk UMKM dari Tambun Selatan sebelum dibawa menjadi produk UP2K di bazar PKK se-Jabar hingga muncul sebagai juara dua.

“Tas Batik kombinasi ini memang menarik, dan menjadi salah satu produk UMKM unggulan di wilayah Bekasi, khususnya Tambun Selatan, di samping banyak produk lainnya,” ucap Irwanto.

Lihat juga...