TPA Kabupaten Sidoarjo Mulai Tak Mampu Tampung Sampah

Truk yang akan bongkar muat di tempat pembuangan akhir sampah di Sidoarjo, Kamis (28/10/2021) – foto Ant

SIDOARJO – Tempat pembuangan akhir (TPA) di Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mulai tak mampu lagi menampung kiriman sampah. Truk yang mengangkut kotoran rumah tangga itu saat ini hanya bisa berjajar di dalam TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan, puluhan truk pengangkut sampah yang selama ini beroperasi mengambil sampah dari TPST ke TPA kini terparkir di Jabon. “Bisa dibilang tutup dengan sendirinya karena penuh. Sementara kami armada pengangkut sampah kami minta stand by di sini,” ujar Bahrul Amig, Kamis (28/10/2021).

Dinas Lingkungan Hidup Sidoarjo, telah menyiapkan beberapa solusi, terkait menumpuknya sampah tersebut. Salah satunya, dengan mengoperasikan pembuangan sampah di sanitary landfill mulai Senin (1/11/2021) depan. “Memang belum ideal, tapi kami akan segera mengoperasikannya sebagai solusi mulai November. Selain itu, Bapak Bupati juga telah menyiapkan solusi lain yakni landfill mining dengan mengolah sampah menjadi briket yang dibutuhkan industri sebagai bahan bakar,” katanya.

Briket sampah ini merupakan inovasi dari putra daerah, yang telah diriset sejak beberapa tahun silam. Rencananya, pengolahan sampah menjadi briket tak hanya dilakukan di TPA Jabon tapi juga di TPST kawasan. “Memang Sidoarjo akan menjadi kota pertama yang menerapkan pengolahan sampah menjadi briket ini secara sempurna dan terintegrasi,” tandasnya.

Meski demikian, Amig juga mengimbau, masyarakat untuk lebih optimal dalam mengolah sampah sejak dari rumah. Minimal dengan cara 3R (reduce, reuse, recycle). Bila tidak bisa, bisa dikelola secara terpusat melalui desa. Tentunya harus berkenan membayar secara pantas kepada pengelola TPS desa. “Kami juga mendorong pengelola TPS desa maupun kawasan untuk lebih optimal lagi. Bahkan bila perlu sampah-sampah ini tuntas di sana tidak sampai masuk ke TPA,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...