Tumis Taoge Bumbu Pedas, Sajian Nikmat di Musim Hujan

Editor: Maha Deva

Tumis toge kacang panjang dengan bumbu pedas, kuliner nikmat di musim hujan, Sabtu (30/10/2021) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat - Foto Amar Faizal Haidar

BANDUNG – Taoge, merupakan salah satu bahan masakan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Tak heran, jika teknik mengolah taoge begitu bervariasi. Salah satunya, ditumis dengan baluran bumbu pedas, yang sudah past nikmat akan menggugah selera makan.

Menurut Regiana Putri (29), warga Desa Babakan, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang biasa mengolah tumis taoge bumbu pedas, kuliner ini terasa lebih nikmat saat dimakan bersama nasi di musim penghujan seperti sekarang. “Kalau lagi hujan, enaknya makan yang pedas-pedas, nah tumis taoge ini bisa dicoba dibikin di rumah. Rasanya enak, apalagi kalau masih panas, pasti segar dan nimat,” kata Regiana, kepada Cendana News, Sabtu (30/10/2021).

Regiana mengatakan, cara membuat tumis taoge bumbu pedas sangat mudah dan praktis. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak, serta mudah didapatkan di pasar ataupun di warung. “Kalau yang biasa saya bikin itu bahannya cuma taoge, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, tomat, garan dan bumbu penyedap rasa dan air. Biar lebih beragam isinya, biasanya juga saya pakai kacang panjang. Pertama cuci bersih dulu taoge dan kacang panjang yang sudah dipotong kecil-kecil. Terus bumbu-bumbu, bawang, cabai dan tomatnya dihaluskan, bisa diulek atau diblender,” ungkap Regiana.

Regiana Putri, warga desa Babakan, kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/10/2021) – Foto Amar Faizal Haidar

Setelah itu, tumis terlebih dahulu bumbu yang sudah dihaluskan. Apabila telah tercium aroma harum, tambahkan air secukupnya, dan aduk sampai merata. Kemudian masukkan kacang panjang terlebih dahulu, setelah beberapa saat masukkan taogenya. Campurkan garam dan penyedap rasa sesuai selera. “Biasanya, saya kalau tumis taoge tidak terlalu lama, jadi taoge-nya tidak sampai layu, biar pas dimakan teksturnya masih renyah. Ini yang bikin tumis taoge jadi benar-benar nikmat,” tukas Regiana.

Senada dengan Regiana, Nenden Pupu, Ibu Rumah Tangga asal Desa Serangmekar, Ciparay, yang juga biasa membuat olahan tumis taoge mengatakan, kuliner tersebut memang memiliki cita rasa yang nikmat. “Cuma kita perlu pastikan, taoge yang kita pakai itu memang segar. Karena kalau yang sudah layu sebelum dimasak pasti beda rasanya,” kata Nenden.

Selain itu, tumis taoge ini termasuk menu olahan makanan yang bisa dicampurkan dengan berbagai bahan masakan lainnya, mulai dari tahu, tempe, hingga telur. “Jadi bisa fleksibel, mau ditambahkan tahu cocok, tempe cocok atau telur juga cocok. Yang penting bumbu pedasnya itu juga harus terasa, apalagi hujan-hujan dingin, wah nikmat kalau pedas dan panas,” pungkas Nenden.

Lihat juga...