TWUP4 Bekasi Bawa Misi Dagang ke Turki, Perkenalkan Produk UMKM

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Tim Percepatan Penyelenggaraan Pemerintah dan Pembangunan (TWUP4) Kota Bekasi, Jawa Barat, Benny Tunggul mempromosikan berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Eropa dalam lawatan ke Turki.

“Jalur perdagangan di Eropa itu ada tiga pintu gerbang pertama seperti Turki disebut bagian timur, bagian tengah pintu masuk melalui Belanda dan Rumania. Rumania sebelumnya lebih dulu telah berkunjung ke Kota Bekasi dalam membawa misi dagang,” ujar Benny Tunggul kepada Cendana News, Selasa (12/10/2021).

Dikatakan kunjungannya ke Turki membawa misi Pemerintah Kota Bekasi atas izin Wali Kota Rahmat Effendi untuk memperkenalkan produk UMKM yang telah siap go ekspor. Sehingga ke depan produk UMKM Kota Bekasi bisa masuk ke pasar Eropa di bagian timur termasuk Asia dan Arab.

Menurutnya saat di Turki diterima langsung oleh Kosulat RI bagian ekonomi, atase Perdagangan RI dan difasilitasi bertemu dengan beberapa perusahaan di Negara setempat. Untuk melakukan pendekatan kepada pasar Eropa di sebelah timur termasuk Asia dalam artian seperti negara Arab, dipinggir masuk negara Kesemakmuran meliputi Yugoslavia, Romania dan lainnya.

Hal tersebut tegasnya adalah upaya dari pemerintah Kota Bekasi, dalam menerobos pasar ekspor. Supaya UMKM Kota Bekasi bisa naik kelas, sehingga orientasinya tak lagi hanya pasar nasional.

“Alhamdulillah misi dagang terbilang berhasil akan masuk ke dua negara itu seperti Turki dan Rumania seperti briket arang yang bisa di pakai untuk pembakaran Shisa kedua arabin rice, potensi ketiga adalah rendang, itu yang lagi di-follow up,” ungkap Benny Tunggul.

Ia pun mengaku telah mengikuti meeting dengan Turki dan Rumania baik secara g to g, bersama perusahaan dengan Konsulat Jenderal RI di Turki termasuk di Rumania juga sudah dilakukan. Begitu pun telah bertemu langsung dengan pengusaha di dua negara tersebut.

Untuk itu dia berharap pelaku UMKM di Kota Bekasi sudah bisa mempersiapkan diri untuk ekspor. “Mulai hari ini Kota Bekasi harus mempersiapkan diri untuk go ekspor,” tukasnya berharap Pemkot Bekasi memfasilitasi UMKM dan perusahaan yang go ekspor dalam hal ini terkait administratif agar bisa melakukan ekspansi pasar ke luar negeri.

“Hari ini dilakukan penandatangan secara online antara Brumargi Import Export E Consularia Ttd. (sebagai pembeli) dari Brazil dan PT. Zenith Medplus Perkasa ( sebagai produsen – eksportir Indonesia
untuk ekspor peralatan medis,” ujar pembina Forum Ekspor Impor Patriot Bekasi seraya mengakui misi dagangnya bisa dikatakan berhasil.

Peralatan medis tersebut meliputi auto disposable (AD) Syringes, Glove, Medical Mask, Monitor Equipment.

MOU, imbuhnya, dilakukan dengan online. Tapping Recording akan diputar pada Yrade Expi Indonesia – Digital Edition (TEI – DE) 2021 pada tanggal 15 Oktober di Brazil disaksikan Presiden Brazil dan RI dan Menteri Perdagangan pada acara pembukaan.

Lihat juga...