Vaksinasi Covid-19 di Sikka Sasar Lima Ribu Pelajar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Para pelajar baik SMP maupun SMA atau sederajat sejak kemarin, Rabu (13/10/2021) hingga Sabtu (16/10/2021) akan menjalani vaksinasi Covid-19 yang terpusat di 3 sekolah di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Vaksin yang kami minta baru tiba sehingga sejak kemarin kami mulai melakukan vaksinasi bagi pelajar yang ada di Kabupaten Sikka,” kata Koordinator Vaksin Go to School Kabupaten Sikka, NTT, RD Fidelis Dua saat ditemui di SMA St. Gabriel Maumere, Kamis (14/10/2021).

Koordinator Vaksin Go to School di Kabupaten Sikka, NTT, RD Fidelis Dua saat ditemui di SMA St. Gabriel di Kelurahan Beru, Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, Kamis (14/10/2021). Foto: Ebed de Rosary

Romo Fidel menjelaskan, pihaknya mengajukan permohonan 10 ribu dosis vaksin Covid-19 kepada Kementrian Kesehatan melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

Ia mengatakan, permohonan tersebut diajukan sejak bulan Agustus 2021 lalu dan baru dikabulkan 5 ribu dosis sehingga dilaksanakan vaksinasi bertempat di 3 sekolah di Kota Maumere.

“Vaksin ini ada 5 ribu dosis untuk vaksin tahap pertama yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan melalui surat pengajuan ke Dirjen P2P,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMASK John Paul II Maumere ini menyebutkan, dalam melaksanakan vaksinasi pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dan Salim Grup.

Dia menambahkan, hari pertama Rabu (13/10) dan terakhir Sabtu (16/10) dilaksanakan di SMA John Paul.

Sementara hari kedua Kamis (14/10) di SMA St. Gabriel serta hari ketiga Jumat (15/10) di SMK Yohanes XXIII dimana semua sekolah tersebut berada di Kota Maumere.

“Peserta vaksin berasal dari siswa SMP dan SMA. Kita laksanakan di sekolah yang muridnya berjumlah di atas seribu agar para siswa tidak perlu dimobilisasi ke SMA John Paul,” ungkapnya.

Romo Fidel katakan, pihaknya ingin agar semua pelajar divaksin supaya pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas bisa terlaksana dan pembelajaran bisa lebih aman.

Sementara itu, siswi SMA St. Gabriel Kelas XII, Maria Sofiana Blagin yang ditemui usai vaksinasi mengakui secara sukarela mengikuti vaksinasi Covid-19 agar imun tubuh meningkat.

Maria menyebutkan, dirinya tidak takut mengikuti vaksin sebab bisa mencegah tertular virus Covid-19 yang belum diketahui apakah pandeminya sudah berakhir atau belum.

“Saya mau divaksin agar bisa menambah imun tubuh dan mencegah tertular Covid-19. Apalagi sekarang kalau bepergian harus memiliki kartu vaksin. Semua teman saya juga ikut vaksinasi,” ucapnya.

Lihat juga...