Vaksinasi Pelajar di Banyumas Capai 65,7 Persen

Editor: Koko Triarko

Bupati Banyumas, Achmad Husein di Purwokerto, Jumat (22/10/2021).  -Foto: Hermiana E. Effendi

PURWOKERTO – Vaksinasi di kalangan pelajar usia 12-17 tahun di Kabupaten Banyumas terus digenjot, bersamaan dengan makin banyaknya kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM). Hingga saat ini sudah 65,7 persen pelajar di Banyumas yang sudah menjalani vaksinasi.

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan pembelajaran tatap muka boleh dilaksanakan, namun terlebih dahulu harus dipastikan aman bagi para pelajar. Salah satu caranya adalah dengan terus meningkatkan vaksinasi di kalangan pelajar.

“Alhamdulillah dari target 162.999 orang pelajar yang harus divaksin, saat ini 107.030 pelajar sudah divaksin. Artinya, mayoritas pelajar sudah menjalani vaksinasi, sehingga kegiatan pembelajaran tatap muka bisa lebih aman dilaksanakan,” katanya, Jumat (22/10/2021).

Lebih lanjut Bupati menyatakan, selain pelajar, para guru serta tenaga pendidik juga sudah hampir semua menjalani vaksinasi. Para guru ini termasuk sasaran prioritas vaksin. Meskipun mayoritas pelajar sudah menjalani vaksinasi, Husein berpesan agar kegiatan pembelajaran tatap muka tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan. Guru harus memastikan semua peserta didik menggunakan masker, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, dan kapasitas ruang kelas tetap harus menempatkan siswa pada jarak minimal satu meter dengan siswa lainnya.

Selain kalangan pelajar, vaksinasi untuk lansia di Kabupaten Banyumas juga mengalami peningkatan. Saat ini, vaksinasi di kalangan lansia sudah mencapai 66,2 persen. Sebanyak 128.487 orang lansia sudah menjalani vaksinasi dari total target sebanyak 194.112 lansia. Dan, untuk masyarakat umum vaksinasi sudah sampai 52,6 persen. Dari target 929.911 sasaran, sebanyak 489.157 orang sudah menjalani vaksinasi.

“Secara keseluruhan, saat ini vaksinasi di Kabupaten Banyumas sudah mencapai 58,4 persen. Mudah-mudahan bulan ini bisa sampai 60 persen lebih, karena stok vaksin kita masih cukup banyak dan kegiatan vaksinasi massal masih terus dilakukan tiap minggunya,” jelas Husein.

Salah satu pelajar di Kota Purwokerto, Azel, mengaku sudah mengikuti program vaksinasi minggu lalu. Vaksinasi dilaksanakan di Kodim Banyumas dan ia bersama teman-teman sekolahnya menjalani vaksinasi bersamaan.

“Sekolah yang mendaftarkan vaksinasi, sehingga bisa vaksin bersama-sama dengan teman-teman, sekarang tinggal menunggu jadwal vaksin ke dua bulan depan,” tuturnya.

Menurut bocah kelas 9 ini, setelah vaksin ia merasa lebih percaya diri dalam menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah. Mengingat para guru selalu menekankan, bahwa vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Lihat juga...