Warga Mbesuk Ambyaar Gelar Kampanye Cuci Tangan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MALANG — Bertepatan dengan tanggal 15 Oktober, warga Kampung Mbesuk Ambyaar kembali memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS). Pada peringatan tersebut, warga kampung yang berada di wilayah RW 01, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang ini menggelar kampanye HCTPSS.

Ketua RW 01 Achmad Kosim mengatakan, kegiatan ini merupakan peringatan kedua kalinya yang diselenggarakan oleh para warga. Menurutnya, peringatan HCTPSS merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun, sebagai cara yang efektif untuk mencegah penyakit.

“Jadi kami keliling ke semua RT di wilayah RW 01 untuk mengkampanyekan pentingnya cuci tangan dan cara mencuci tangan yang benar,” jelasnya saat memberikan sambutan di RT 9, Jumat sore (15/10/2021).

Kosim berharap dengan diadakannya kampanye cuci tangan pakai sabun di setiap RT, nantinya bisa diterapkan masyarakat di kehidupan sehari-hari.

“Kampanye kami menyasar mulai dari usia anak-anak hingga dewasa,” sebutnya.

Senada, kepala puskesmas Mojolangu, Drg. Vindya Camelia mengatakan, mencuci tangan pakai sabun merupakan tindakan paling sederhana dan paling efektif untuk menghentikan penyebaran kuman maupun infeksi penyakit.

Menurutnya, sebelum pandemi sebenarnya sosialisasi atau edukasi tentang cuci tangan ini sudah sejak lama dilakukan. Tapi di masa pandemi seperti sekarang menjadi momen yang sangat tepat untuk kembali mensosialisasikan pentingnya mencuci tangan pakai sabun.

“Bahkan sekarang masyarakat dianjurkan untuk lebih sering mencuci tangan usai melakukan aktivitas apapun supaya tidak mudah tertular virus covid-19,” terangnya.

Manfaat mencuci tangan bagi kesehatan sendiri banyak sekali. Mulai dari mencegah beragam penyakit, membunuh kuman, dan lebih efektif daripada mencuci tangan menggunakan handsanitizer.

“Alhamdulillah warga RW 01 Tunjungsekar sangat antusias mengikuti kampanye ini. Bahkan anak-anak juga terlihat antusias mengikuti arahan cara mencuci tangan yang benar,” tandasnya.

Sementara itu Camat Lowokwaru, Joao Maria Gomes De Carvalho, sangat mengapresiasi warganya yang semangat untuk melakukan kampanye cuci tangan pakai sabun.

Camat Lowokwaru, Joao Maria Gomes De Carvalho membagikan masker kepada warga, Jumat (15/10/2021). Foto: Agus Nurchaliq

Menurutnya, mencuci tangan memang sangat penting untuk menghindari penyebaran virus. Meskipun angka kasus Covid-19 sudah mulai menurun, tapi masyarakat harus tetap waspada.

“Terimakasih atas partisipasi dari seluruh warga dalam rangka hari cuci tangan pakai sabun kali ini. Semoga mencuci tangan ini bisa menjadi kebiasaan yang dapat diaplikasikan oleh seluruh warga dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, dilakukan pula pembagian masker kepada masyarakat.

Lihat juga...