Wujud Harmonisasi, Kota Bekasi Segera Miliki Tempat Kremasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Kota Bekasi, Jawa Barat akan segera memiliki krematorium yang pertama di wilayah setempat dan akan dibangun di Jalan Raya Perjuangan, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, saat peletakan batu pertama menyampaikan, lahan yang disediakan itu sebagai inisiatif pemerintah dalam memenuhi kebutuhan sosial warga, sebagai wujud harmonisasi di wilayah Kota Patriot.

“Krematorium ini di areal seluas 3.150 meter persegi. Nanti akan ada dua lantai,” papar Bang Pepen, sapaan akrabnya saat peletakan batu pertama pembangunan krematorium, Senin (11/10/2021).

Dikatakan, pembangunan bertujuan untuk mempermudah umat Hindu dan agama lainnya yang membutuhkan tempat kremasi. Selama ini, lanjut Pepen, warga Bekasi yang ingin melakukan kremasi harus keluar wilayah, seperti Bogor, atau Jakarta.

Menurutnya, setiap program yang terpenting yakni nilai kemanfaatannya bagi masyarakat. Dengan hadirnya krematorium ini menjadi kebaikan bagi bagi semua. Langkah tersebut perlu dilakukan, mengingat Kota Bekasi belum memiliki tempat kremasi jenazah bagi saudara-saudara Hindu dan lainnya.

“Menjadi poin penting adalah saling menghormati, rukun, guyup antar umat beragama di Kota yang kita cintai, demi terwujudnya Kota Bekasi yang ikhsan,” pungkasnya

Sementara Ketua PHDI Kota Bekasi, I Gusti Made Rudita mengatakan, pembangunan krematorium ada bentuk perhatian nyata dari Pemkot Bekasi bagi kepentingan masyarakat. Ia berharap krematorium ini bisa bermanfaat untuk semua umat beragama tanpa memandang suku, ras dan budaya.

“Kita punya batas kemampuan, batas norma dan dari batas itulah kita saling mendukung, karena tanpa perbedaan tidak ada keindahan. Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan persatuan dan kesatuan semakin kuat dalam aliran kepercayaan kita masing-masing,” sebutnya mengakui tempat itu bukan hanya untuk umat hindu saja.

Peletakan batu pertama pembangunan krematorium di Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Bekasi Utara, berlangsung khidmat, krematorium ini dapat menjadi banyak memiliki nilai manfaat bagi masyarakat, serta keberadaan krematorium ini harus terjaga dengan baik.

Lihat juga...